Akbar, Ayu Alif Nur Maharani (2020) The stability of talent structure of multiple choice tests having three ways of item arrangement based of macroskills of reading across test-takers' reading achievement / Ayu Alif Nur Maharani Akbar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam mengembangkan suatu tes pilihan ganda butir soal umumnya akan disusun dari yang paling sederhana ke yang paling kompleks. Praktek ini digunakan untuk meminimalkan faktor-faktor yang mungkin dapat mempengaruhi kinerja siswa. Namun di sisi lain kinerja siswa yang benar-benar kompeten dalam mengerjakan suatu tes tidak akan dipengaruhi oleh bagaimana susunan butir soal dalam tes tersebut. Oleh karena itu meskipun butir soal disusun sesuai urutan sederhana-kompleks kompleks-sederhana atau bahkan acak tidak akan berdampak pada kinerja dalam tes membaca. Namun apabila butir soal yang sama diatur menggunakan pola susunan yang berbeda hal ini berpotensi mempengaruhi parameter butir soal. Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk menyelidiki dampak urutan urutan butir soal terhadap kinerja membaca peserta tes parameter butir soal dan konstruk tes. Teori Brown tentang makroskill kompetensi membaca digunakan untuk mengatur susunan butir soal. Selain itu penilaian kompetensi membaca di mata kuliah sebelumnya digunakan sebagai variabel moderator dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa peserta tes memiliki kinerja yang lebih baik saat mengerjakan soal yang memiliki urutan kompleks-sederhana. Hal ini kemungkinan dipicu oleh fatigue effect dan position effect. Selain itu kelompok high achievers dianggap sebagai kelompok yang paling terpengaruh oleh perubahan susunan butir soal dibandingkan middle achievers dan low achievers. Tes yang disusun berurutan memiliki reliabilitas yang lebih baik daripada tes yang disusun acak. Susunan butir soal yang berbeda juga mempengaruhi kemampuan bitir soal dalam membedakan peserta yang memiliki kompetensi untuk menjawab soal dengan benar dan peserta yang sebenarnya tidak memiliki kompetensi. Tingkat kesulitan butir soal juga menurun dan meningkat karena urtan butir soal yang berbeda. Selain itu hasil analisis faktor juga menunjukkan bahwa perubahan urutan butir soal menyebabkan pergeseran konstruk yang hendak diukur dalam butir soal pilihan ganda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/136661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |