Sakti, Angga Pramudia (2016) Pembelajaran marching band dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kepanjen Malang / Angga Pramudia Sakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pramudia Sakti Angga. 2016. Pembelajaran Marching Band dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. Skripsi JurusanSeni dan Desain Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Ida Siti Herawati M.Pd (2) Rully A. Zandra M.Sn M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Marching Band SMA. SMA Negeri 1 Kepanjen Malang merupakan satu-satunya sekolah yang melaksanakan ekstrakurikuler marching band di Kecamatan Kepanjen yang mampu mengukir prestasi yang membanggakan. Pelatih marching band di SMAN 1 Kepanjeng juga bukan berlatar belakang pendidikan musik tapi mampu mengantarkan anak didiknya untuk meraih banyak prestasi di bidang marching band. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan pembelajaran marching band dalam kegiatan ekatrakurikuler di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang(2) Pelaksanaan pembelajaraan marching band dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang(3) Evaluasi pembelajaran marching band dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. Narasumber dari penelitian ini adalah guru koordinator dan pelatih marching band. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data kemudian penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran marching bandtidak dibuat secara tertulis guru hanya menyiapkan program kerjadan materi. (2) Pelaksanaan pembelajaranmarching band di SMA Negeri 1 Kepanjen Malangguru menggunakan metode solfegio demontrasi dan drill. Media yang digunakan adalah satu set alat musik marching band partitur pengeras suara dan metronome. Pengelolaan kelas kondusif walaupun terkadang ada siswa yang tidak fokus dalam memainkan alatnya sedangkan ruangan yang digunakan tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di tempat terbuka seperti di lapangan belakang sekolah. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan secara individu meskipun siswa mempraktekkannya secara berkelompok jenis penilaian yang digunakan yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) Pihak sekolah agar dapat memberikan dukungan yang baik berupa motivasi dan upaya eksistensi kegiatan seni di luar sekolah kelengkapan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran marching band. (2) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik untuk melakukan penelitian pembelajaran marching band di instansi lain daerah lain atau jenjang sekolah yang lain misalnya SD dan SMP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |