Kartika, Vika Destiana (2014) Pengembangan buku penunjang gerak dasar tari tradisional "Malangan" untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Vika Destiana Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kartika Vika Destiana. 2014. Pengembangan Buku Penunjang Gerak Dasar Tari Tradisional Malangan Untuk Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. E. W. Suprihatin D.P M. Pd (II) Tri Wahyuningtyas S. Pd M. Si. Kata Kunci buku penunjang gerak dasar tari tradisional Malangan SMP Negeri 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Ketersediaan bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan menyebabkan kurang maksimalnya pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Malang. Dalam melaksanakan pembelajaran seni tari diperlukan buku penunjang yang memuat tentang sikap dan gerak dasar tari tradisional Malangan sesuai dengan kebutuhan yang dikemas secara menarik efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran yang dirumuskan dapat tercapai. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan (1) menghasilkan produk berupa buku penunjang pembelajaran seni tari dengan gerak dasar tari tradisional Malangan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang (2) mendeskripsikan bentuk dan isi buku penunjang pembelajaran seni tari dengan materi gerak dasar tari tradisional Malangan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang (3) mendeskripsikan hasil uji coba buku penunjang pembelajaran seni tari dengan materi gerak dasar tari tradisional Malangan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi prosedur penelitian Borg Gall (Sugiyono 2011) yang terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk I (5) revisi produk I (6) validasi produk II (7) revisi produk II (8) uji coba produk (9) revisi produk III. Subjek coba pada penelitian ini adalah 2 ahli materi 1 ahli media dan 30 siswa SMP Negeri 1 Malang sebagai uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan persentase. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dan dipertimbangkan sebagai bahan revisi produk sedangkan data kuantitatif dari uji kelayakan produk dianalisis dengan rumus dan persentase. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) buku penunjang gerak dasar tari tradisional Malangan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang (2) produk yang telah dikembangkan adalah buku penunjang yang dikemas dalam bentuk cetak yang berisi tentang kumpulan sikap dan gerak dasar tari tradisional Malangan (3) hasil uji coba produk dapat disimpulkan sebagai berikut berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan buku penunjang layak dengan persentase 91% penilaian ahli media menunjukkan buku penunjang layak dengan persentase 83 9% sedangkan berdasarkan uji coba lapangan menunjukkan persentase 88 2% bahwa produk yang dihasilkan layak digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran tari di sekolah. 12288 12288 12288 12288 12288 Terkait dengan hasil pengembangan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk mengetahui dan mempraktekkan gerak tari tradisional Malangan setelah mendapat arahan dari guru dan dapat menggunakan buku penunjang sebagai sebuah sarana paket belajar mandiri. Sedangkan untuk guru buku penunjang digunakan sebagai bahan ajar yang meringankan tugas guru dan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi berupa gerak dasar tari tradisional Malangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13579 |
Actions (login required)
View Item |