Perancangan video pembelajaran tari remo Trisnawati sebagai media pembelajaran tari pada siswa kelas VII di SMPN 2 Panji Situbondo / Indah Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan video pembelajaran tari remo Trisnawati sebagai media pembelajaran tari pada siswa kelas VII di SMPN 2 Panji Situbondo / Indah Novitasari

Novitasari, Indah (2012) Perancangan video pembelajaran tari remo Trisnawati sebagai media pembelajaran tari pada siswa kelas VII di SMPN 2 Panji Situbondo / Indah Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Video Pembelajaran Tari Remo Trisnawati Untuk mengatasi kendala guru seni budaya di SMPN 2 panji Situbondo untuk standar kompetensi mengekspresikan diri melalui karya tari daerah setempat diperlukan sebuah media pembelajaran yang mampu memuat jenis tarian daerah setempat yang praktis praktis digunakan tanpa kehadiran guru dan dapat digunakan secara mandiri dimanapun siswa berada .Terpilihnya tari Remo Trisnawati dikarenakan tari Remo Trisnawati merupakan tarian khas daerah Situbondo yang memiliki karakteristik yang unik dan merupakan salah satu aset budaya kabupaten situbondo. Video pembelajaran tari Remo Trisnawati yang dirancang berdasarkan analisa kebutuhan guru dan siswa di SMPN 2 Panji di Situbondo dan harus melalui proses uji validasi dan uji coba kelompok. Model perancangan yang digunakan untuk pembuatan media pembelajaran ini adalah model prosedural yang bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Proses uji validasi dan uji coba dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan video pembelajaran tari Remo Trisnawati yang akan digunakan sebagai media pembelajaran di SMPN 2 Panji Situbondo. Uji validasi dilakukan oleh seorang ahli media dan ahli materi sedangkan uji coba kelompok kecil dilakukan oleh siswa-siswi kelas VII SMPN 2 Panji Situbondo. Berdasarkan hasil uji validasi dari ahli media diperoleh nilai dengan prosentase 87.5% dengan kriteria valid. Hasil uji validasi dari ahli materi mendapatkan nilai dengan prosentase 95% dengan kriteria valid. Dan dari hasil uji coba pengguna mendapatkan nilai dengan prosentase 82.38% dengan kriteria valid. Jika ketiga nilai tersebut dirata-rata maka dihasilkan nilai dengan prosentase 88.29% dengan kriteria valid. Prosentase 88.29% dengan kriteria valid menunjukkan bahwa video pembelajaran yang telah dirancang layak dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran oleh guru dan siswa di SMPN 2 panji Situbondo. Dengan video pembelajaran ini siswa mampu mempelajari materi tari tunggal daerah setempat secara mandiri namun tetap dalam pengawasan guru dalam arti lain guru hanya bertindak sebagai motivator. Kegunaan video pembelajaran tari Remo Trisnawati diantaranya (1) dapat membantu siswa dalam mempelajari materi tari daerah setempat (2) video pembelajaran ini dapat digunakan sebagai contoh dalam penyampaian materi seni tari daerah setempat di sekolah (3) selain itu video pembelajaran ini juga dapat digunakan guru sebagai alat untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang ekstrakurikuler tari di sekolah dan (4) serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah-sekolah menengah pertama di Situbondo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item