Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Elsa Winda Putri Budhiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Elsa Winda Putri Budhiono

Budhiono, Elsa Winda Putri (2019) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Elsa Winda Putri Budhiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Budhiono Elsa Winda Putri. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Prograf Studi Pendidikan Geografi Fakultas Imu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Satti Wagistina S.P M.Si Kata Kunci Penerapan Model Problem Based Learning Berpikir Kreatif Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2019 dan 7 Februari 2019 diketahui bahwa pembelajaran masih belum melibatkan siswa seacara aktif untuk berpikir kreatif. Hal tersebut ditandai seringnya siswa menjawab pertanyaan dengan jawaban yang diulang-ulang dan sama dengan jawaban siswa yang lainnya selain itu berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (berpikir analitis dan kreatif) siswa pada tahap pra tindakan masih rendah atau dibawah nilai KKM ( 8805 75). Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Lawang pada materi mitigasi bencana alam dengan menerapkan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang pada pelaksanaannya dilakukan dalam dus siklus (setiap siklus terdiri atas dua pertemuan). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 3 pada semester genap tahun ajaran 2018-2019 SMA Negeri 1 Lawang yang berjumlah 36 siswa. Data hasil kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif sesuai dengan indikator yang diadopsi dari Munandar (berpikir lancar luwes orisinil dan elaborasi) yang dibagikan pada pertemuan kedua pada siklus I dan siklus II. Tes kemampuan berpikir kreatif menunjukkan adanya peningkatan keberagaman jawaban panjang kalimat yang digunakan adanya gagasan atau pengetahuan baru ketidaklaziman jawaban dan kekayaan kalimat yang bersumber dari emosi dan empati siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pra tindakan siklus I dan siklus II setelah adnya perlakuan / tindakan. Diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pra tindakan sebesar 68 5 untuk siklus I sebesar 75 36 dan siklus II sebesar 88 33 dengan peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebesar 10 01% sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 17 21%. Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Lawang pada mata pelajaran geografi materi mitigasi bencana alam. Guru geografi disarankan untk menerapkan model Problem Based Learning di kelas terutama pada mata pelajaran geografi. Saran bagi peneliti lanjut yang lain melakukan penelitian tentang model PBL terhadapkemampuan berpikir kreatif adalah pembuatan RPP yang sesuai dengan langkah-langkah mode

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132827

Actions (login required)

View Item View Item