Pengembangan buku komik "Ayo Sekolah" sebagai media penunjang pembelajaran pendidikan karakter untuk anak usia SMP / Doni Arnovian Bintoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku komik "Ayo Sekolah" sebagai media penunjang pembelajaran pendidikan karakter untuk anak usia SMP / Doni Arnovian Bintoro

Bintoro, Doni Arnovian (2018) Pengembangan buku komik "Ayo Sekolah" sebagai media penunjang pembelajaran pendidikan karakter untuk anak usia SMP / Doni Arnovian Bintoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bintoro Doni Arnovian. 2017. Pengembangan Buku Komik Ayo Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia SMP. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Moeljadi Pranata M.Pd. Kata Kunci Pengembangan media pembelajaran komik pendidikan karakter. Pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan karena dengan pendidikan seseorang dapat mengerti segala sesuatu tentang kehidupan alam semesta maupun tentang ilmu-ilmu yang ada dunia ini sehingga pendidikan harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh baik dari kalangan pemerintah masyarakat dan keluarga. Oleh karena itu Penyampaian pembelajaran pada saat ini dapat dilakukan melalui beberapa media salah satunya yaitu melalui media komik. Karena komik merupakan media pembelajaran yang menarik selain menampilkan pesan mengenai pendidikan juga menyematkan gambar yang dapat membuat anak usia SMP tertarik membacanya. Dalam tahapan pengembangan media komik mengenai pendidikan karakter mempunyai beberapa tahapan agar media dapat digunakan di lingkungan pendidikan. Salah satunya menggunakan model penelitian Five D untuk pengembangan produk komik dan mencari sumber data yang relevan dalam pengembangan media. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Five D dari Moeljadi Pranata (2012) yaitu (1) define (2) data (3) design (4) develop dan (5) disseminate. Produk final diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli media 2 orang ahli materi dan 20 orang subjek uji coba kelompok besar yakni anak usia SMP atau remaja awal. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuisioner dengan jenis angket yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian dikonversikan dengan tabel kriteria kelayakan. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan ini sangat layak digunakan untuk anak usia SMP atau untuk khalayak umum dengan kategori sangat valid. Pengembangan ini telah menghasilkan media komik sebagai penunjang pendidikan karakter untuk anak usia SMP dan khalayak umum dengan spesifikasi sebagai berikut (a) menggunakan flipbook maker (b) isi produk media komik dengan isi cerita dan desain karakter disesuaikan dengan anak usia remaja dengan penambahan kalimat kutipan yang mengandung nilai motivasi bagi remaja (c) teknik computerized (d) pemaparan secara berurutan (e) pewarnaan full color (f) menggunakan bahasa Indonesia dan (g) dikemas dalam bentuk flipbook dan pdf (digital). Berdasarkan hasil pengembangan dapat disarankan bagi pengembang produk yang sama agar dapat dilakukan dengan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar dan diharapkan pengembang selajutnya dapat mengembangkan media komik ayo sekolah dapat diakses melalui Smartphone menggunakan aplikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item View Item