Survey terhadap pelaksanaan pembelajaran dan hasil karya siswa dalam melukis kaligrafi Arab pada ekstrakurikuler seni lukis di SMP Negeri 4 Blitar / Atik Salis Rokhmiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Survey terhadap pelaksanaan pembelajaran dan hasil karya siswa dalam melukis kaligrafi Arab pada ekstrakurikuler seni lukis di SMP Negeri 4 Blitar / Atik Salis Rokhmiana

Rokhmiana, Atik Salis (2016) Survey terhadap pelaksanaan pembelajaran dan hasil karya siswa dalam melukis kaligrafi Arab pada ekstrakurikuler seni lukis di SMP Negeri 4 Blitar / Atik Salis Rokhmiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rokhmiana Atik Salis. 2016. Survey Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran dan Hasil Karya Siswa Pada Ekstrakurikuler Seni Lukis Kaligrafi Arab di SMPN 4 Blitar. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Pelaksanaan Pembelajaran Hasil Karya Ekstrakurikuler Seni Lukis Kaligrafi Arab. Ketika ada perlombaan Melukis Kaligrafi Arab pada tingkat Sekolah Menengah Pertama selalu menang didominasi oleh Madrasah Tsanawiyah yang memang setiap harinya dibimbing oleh guru mengenai keagamaan dan kerap sekali menuliskan kalimat atau huruf-huruf Arab (hijaiyyah) berbeda dengan sekolah SMP yang masih asing dengan huruf Arab. Untuk itu maka dirasa perlu untuk melakukan survey terhadap pelaksanaan pembelajaran pada ekstrakurikuler seni lukis di SMPN 4 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada ekstrakurikuler dan mendeskripsikan hasil karya siswa dalam melukis kaligrafi Arab pada ekstrakurikuler seni lukis di SMPN 4 Blitar. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi hal yang bermanfaat untuk memberikan pengetahuan kepada guru siswa lembaga pendidikan untuk dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang diaplikasikan dalam ektrakurikuler seni lukis ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di sekolah SMPN 4 Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan obervasi langsung metode wawancara dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari semua data tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kegiatan ekstrakurikuler seni lukis ini dilatih oleh salah seorang guru Mata Pelajaran Seni Budaya di sekolah tersebut yaitu Bapak Khamim Tohari beliau berusia 57 tahun. Dalam proses pelaksanaannya meliputi perencanaan pelaksanaan ekstrakurikuler pelaksanaan itu sendiri dan evaluasi hasil pelaksanaan ekstrakurikuler seni lukis. (2) Dalam kegiatan ekstrakurikuler seni lukis di SMPN 4 Blitar didapat bahwa pelaksanaan pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan metode proyek demonstrasi dan eksperimen. (3) Karakteristik hasil gambar siswa yaitu cenderung sama pada objek utama karya yang ditampilkan yaitu tulisan kaligrafi Arab berbunyi bismillah dengan tekniknya menggunakan dua buah pensil yang diikat agar hasil tulisan kaligrafi Arab menimbulkan kesan tebal tipis Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu bahan untuk dapat mengetahui pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni lukis agar lebih meningkat dan SMP juga dapat menang ketika terdapat perlombaan Melukis Kaligrafi Arab pada tingkat Sekolah Menengah Pertama tidak hanya didominasi oleh siswa pada Madrasah Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13082

Actions (login required)

View Item View Item