Suhartono (2016) Meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar motif batik melalui pengenalan batik daerah pada kelas VIII-B di SMP Negeri 2 Tumpang tahun pelajaran 2015-2016 / Suhartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suhartono. 2015. MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENGGAMBAR MOTIF BATIK MELALUI PENGENALAN BATIK DAERAH PADA KELAS VIII-BDI SMP NEGERI 2 TUMPANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016.SKRIPSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA JURUSAN SENI DAN DESAIN FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Dr. HARIYANTO M.HUM. Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan dan meningkatkan kualitas manusia. Tujuan pendidikan tidak akan tercapai jika proses interaksi belajar mengajar tidak pernah berlangsung dalam pendidikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai dibawah KKM sedangkan idealnya nilai yang harus diperoleh siswa dalam praktik mengambar motif batik minimal 75. Menyadari bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan jika mendapat tugas membuat gambar batik maka perlu adanya penanganan lebih lanjut untuk motivasi dan kreatifitas siswa. Untuk itu seorang guru dituntut menerapkan beragam metode sesuai dengan kebutuhan siswanya. Sehingga semua siswa tanpa terkecuali mampu membuat gambar batik sesuai dengan yang diinginkan.Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pengenalan batik daerah dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar motif batik bagi siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 2 Tumpang Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menerapkan metode pengenalan motif batik daerah untuk meningkatkan kreatifitas menggambar motif batik. (2) Meningkatkan nilai hasil akhir menggambar motif batik pada siswa kelas VIII-B SMPN 2 Tumpang.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action Research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan kegiatan dan pengamatan refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-B di SMP Negeri 2 Tumpang Kabupaten Malang.Dari hasil analisis data didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu siklus I67% dan siklus II 95%. Pada siklus I hasil pembelajaran menggambar motif batik masih belum menunjukkan hasil yang maksimal pada tahap siklus I nilai rata-rata kelas 76 dengan prosentase ketuntasan 67% . Berdasarkan hasil refleksi siklus I dilakukan perencanaan ulang untuk perbaikan pada siklus II hasilnya terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas pada tahap siklus II menjadi 81% dengan prosentase ketuntasan 95%. Secara keseluruhan dari aspek kesiapan alat dan bahan 67% menjadi 95% mengalami kenaikan 28% aspek keberanian dalam pengungkapan ide/gagasan dari 28% menjadi 71% ada kenaikan 43% aspek kreativitas dalam penggayaan awalnya 42% naik menjadi 80% ada kenaikan 38% sedang aspek pewarnaan dan ketepatan waktu semula semula 67% menjadi 71% mengalami kenaikan 4%. Berdasarkan paparan diatas maka dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Pembelajaran dengan metode pengenalan motif batik daerah memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu siklus I (67%) dan siklus II (95%). 2) Penerapan pembelajaran dengan metode pengenalan motif batik daerah mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa termotivasi terhadap pembelajaran motif batik daerah. Kata Kunci kreatifitas motif batik batik daerah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13077 |
Actions (login required)
View Item |