Meningkatkan kemampuan menggambar desain motif batik pola tak terbatas dengan menggunakan teknik blat pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk tahun 2015/2016 / Sri Yuliati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menggambar desain motif batik pola tak terbatas dengan menggunakan teknik blat pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk tahun 2015/2016 / Sri Yuliati

Yuliati, Sri (2016) Meningkatkan kemampuan menggambar desain motif batik pola tak terbatas dengan menggunakan teknik blat pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk tahun 2015/2016 / Sri Yuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sri Yuliati 2015. Meningkatkan Kemampuan Menggambar Desain Motif Batik Pola Tak Terbatas (infinite Pattern) Dengan Menggunakan Teknik Blat Pada Siswa Kelas VIII-D Smp Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun 2015/2016. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing Dr. Hariyanto M.Hum. Kata Kunci Teknik Blat Membuat Pola Tak Terbatas Proses pembelajaran seni rupa secara ideal harus mampu membangkitkan dan merangsang keaktifan motivasi kreatifitas dan kemungkinan potensi yang dapat dikembangkan pada diri peserta didik. Akan tetapi dalam prakteknya selalu ada hambatan yang akan muncul. Seperti yang terjadi pada kelas VIII-d di SMP Negeri 2 Gondang ada beberapa permasalahan yang membutuhkan perhatian secara serius antara lain (1) Siswa kurang mampu dalam mengembangkan motif (2) Siswa kurang maksimal dalam membuat bentuk gambar yang sama (3) Siswa kurang maksimal dalam mengisi bidang gambar (4) Siswa kurang mampu membuat desain motif dalam satu bidang gambar agar dapat menyambung secara kontinyu. Dengan berdasarkan masalah tersebut diterapkanlah teknik menggambar yang dianggap dapat memudahkan siswa dalam (1) Menempatkan pola sesuai urutan perulangan (2) Memahami konsep pola bersambung pada motif (3) Memudahkan membuat pola dengan bentuk yang sama (4) Llebih sistematis. Penulis ( sebagai guru) berasumsi bahwa dengan menerapkan Teknik Blat mampu membawa perubahan seperti tersebut diatas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan masing-masing siklus dimulai dari kegiatan (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Pada penelitian ini yang diamati adalah sikap siswa dalam belajar aktivitas guru dalam mengajar dan tes hasil belajar. Dari sajian data yang dipaparkan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sampai siklus II sebagai berikut kriteria D 17 siswa kriteria B 5 siswa siklus I kriteria D 9 siswa kriteria C 2 siswa kriteria B 11 siswa siklus II kriteria C 6 siswa kriteria B 16 siswa. Hal ini menunjukkan perkembangan yang positif dalam pembelajaran tersebut.Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Teknik Blat dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-d SMP Negeri 2 Gondang dalam membuat desain motif batik pola tak terbatas (2) Teknik Blat dapat meningkatkan ketuntasan belajar menggambar pola tak terbatas dalam membuat motif batik siswa kelas VIII-d SMP Negeri 2 Gondang. Masih banyak kekurangan dan membutuhkan penyempurnaan dalam penelitian ini. Hal ini disebabkan oleh adanya keterbatasan yang terjadi pada penelitian ini. Untuk itu perlu dikembangkan dan dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam. Hal yang mungkin dapat dikembangkan dalam penelitian yang sesuai dengan penelitian ini antara lain Bagaimana pengaruh teknik yang lain dalam memecahkan masalah menggambar motif dengan pola berulang dalam membuat motif pola berulang atau topik-topik lain yang memungkinkan pengayaan dalam penelitian pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item