Peningkatan kemampuan memadukan warna pada gambar ilustrasi melalui model explicit instruction siswa kelas VIII F di SMP Negeri 16 Malang / Siti Mutmainan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memadukan warna pada gambar ilustrasi melalui model explicit instruction siswa kelas VIII F di SMP Negeri 16 Malang / Siti Mutmainan

Mutmainah, Siti (2010) Peningkatan kemampuan memadukan warna pada gambar ilustrasi melalui model explicit instruction siswa kelas VIII F di SMP Negeri 16 Malang / Siti Mutmainan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutmainah Siti. 2009. Peningkatan Kemampuan Memadukan Warna Pada GambarIlustrasi Melalui Model Explicit Instruction Siswa Kelas VIII F di SMP Negeri 16 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd. Kata kunci Kemampuan warna Explicit Instruction gambar ilustrasi SMP. Penelitian ini dilaksanakan dengan pertimbangan bahwa kemampuan siswa SMP Negeri 16 Malang dalam memadukan warna pada kegiatan menggambar ilustrasi masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan tersebut terlihat dari hasil gambar siswa pada pembelajaran sebelumnya perpaduan warnanya belum maksimal yang disebabkan oleh kebiasaan siswa menggunakan warna-warna dari tubenya dan belum terbiasa bereksperimen mengolah warna. Oleh karena itu berdasarkan hasil diskusi dan refleksi terhadap kondisi tersebut pemberian pengetahuan secara procedural dan deklaratif melalui model Explict Instruction diharapkan dapat meningkatkan kemampuan memadukan warna siswa kelas VIII F di SMP Negeri 16 Malang yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru Seni Budaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tahap perencanan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan ialah lembar pengamatan aktivitas siswa lembar pengamatan aktivitas guru lembar pedoman wawancara siswa dan instrumen tes hasil belajar siswa. Untuk instrumen pengumpul datanya meliputi teknik Pengamatan/observasi teknik Wawancara dan teknik Dokumentasi. Dengan subyek penelitian siswa kelas VIII F SMP Negeri 16 Malang. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran Explicit Instruction dalam proses pembelajaran dapat (1) meningkatkan pengetahuan memadukan warna pada gambar ilustrasi siswa kelas VIII F SMP Negeri 16 Malang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II 96% yang mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I (2) meningkatkan ketrampilan memadukan warna dalam gambar ilustrasi siswa kelas VIII F SMP Negeri 16 Malang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II 96% yang mengalami peningkatan dari siklus I. (3) meningkatkan kemampuan memadukan warna dalam gambar ilustrasi siswa kelas VIII F SMP Negeri 16 Malang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II 96% yang mengalami peningkatan dari siklus I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13045

Actions (login required)

View Item View Item