Atraksi tradisi karapan sapi dalam ekspresi keramik seni / Anugerah Rizqi Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Atraksi tradisi karapan sapi dalam ekspresi keramik seni / Anugerah Rizqi Abdillah

Abdillah, Anugerah Rizqi (2018) Atraksi tradisi karapan sapi dalam ekspresi keramik seni / Anugerah Rizqi Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Abdillah Anugerah Rizqi. 2018. Atraksi Budaya Karapan Sapi Dalam Ekspresi Keramik Seni. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ponimi M. Hum. Pembimbing (II) Denik Ristya Rini M.Pd Kata Kunci Budaya Atraksi Karapan Sapi Seni Keramik Ekspresi. Karapan Sapi merupakan perlombaan sapi asli Madura dimana sepasang sapi ini menarik kleles sejeni kereta sederhana ( alat pembajak tradisional ) yang berfungsi sebagai tempat joki itu berdiri untuk mengendalikan sapi tersebut. Sepasang sapi diadu kecepatan larinya dengan pasangan-pasangan sapi lainnya. Karapan Sapi mempunya nilai-nilai tradisi di dalamnya diantaranya segi keindahan persaudaraan sampai kekompakkan. Pada penciptaan ini penulis mengamnbil ide atau gagasan berkarya dari budaya Karapan Sapi Madura. Ide atau gagasan tersebut diwujudkan dalam ekspresi keramik seni. Ekspresi keramik seni dipilih oleh penulis sebagai media berkreasi dalam mengekspresikan jiwa. Proses dari penciptaan karya seni keramik ini bermula dari perancangan konsep yang di dalamnya terdapan ide atau gagasan tema dan objek yang akan diciptakan yaitu objek yang mirip dengan aslinya dan objek yang sudah disederhanakan bentuknya. Setelah itu menentukan karakteristik karya kemudian menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Jika semuanya sudah terpenuhi untuk langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa di atas kertas lalu memindahkannya kedalam tanah liat yang di bentuk. Kemudian proses pembentukan objek yang ada di sketsa menggunakan berbagai macam teknik yaitu teknik tekan pilin slabing dan cetak tekan. Setelah itu poses detail karya dengan menggunakan teknik pengurangan dan penambahan hiasan-hiasan pada objek. Kemudian pengeringan karya dengan di jemur di tempat terbuka dan yang terakhir pembakaran karya yang di masukkan ke dalam tungku dengan suhu pembakaran tinggi. Penulis menampilkan 6 karya seni keramik dengan media berupa garis bentuk ruang dan warna serta sebagai simbolisasi dari konsep. Menggunakan karakteristik karya berupa objek Karapan Sapi relief dengan objek karapan sapi pemberian hiasan-hiasan pada objek keramik. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni keramik ekspresi. Mulai dari perancangan konsep hingga proses visualisasi karya dan diskripsi karya berdasarkan sudut pandang pribadi penulis maupun sudut pandang orang lain. Serta memberikan suatu pandangan bahwa tradisi Karapan Sapi merupakan kebudayaaan lokal Madura yang bisa dikembangkan dan mengandung nilai estetik didalamnya. Dengan mengangkat tema budaya Karapan Sapi Madura melalui sudut pandang penulis diharapkan bisa menjadi wacana bagi setiap penduduk Indonesia untuk lebih menghargai kebudayaan lokal indonesia. Terutama bagi masyarakat Madura untuk mengembangkan tradisi Karapan Sapi Madura.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13030

Actions (login required)

View Item View Item