Wardani, Lely Surya (2018) Penerapan Teknik Cetak Saring Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Grafis Pada Kelas IX B SMPN 1 Panarukan Kabupaten Situbondo / Lely Surya Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Surya. W Lely. 2018. Penerapan Teknik Cetak Saring Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Grafis Pada Kelas IX B SMPN 1 Panarukan Kabupaten Situbondo. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd (II) Denik Ristya Rini S.Pd M.Pd. Kata Kunci Cetak Saring Sederhana Hasil Belajar Seni Grafis Pembelajaran Seni Budaya pada materi Seni Grafis di kelas IX B di SMP Negeri 1 Panarukan yaitu cetak foto. Masalah dari pembelajaran tersebut yaitu hasil belajar kurang memenuhi standar ketuntasan karena terkendala oleh alat dan bahan kurangnya kemandirian dalam berkarya dan disiplin waktu pengumpulan karya. Sehingga peserta didik belum bisa berkarya dengan baik dalam menjelaskan pengertian seni grafis menyebutkan jenis prosedur berkarya membuat pola dan juga terdapat nilai dibawah rata-rata (KKM 70). Sehingga dengan penerapan teknik cetak saring sederhana ini diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik cetak saring sederhana yang dapat meningkatkan hasil belajar dan seberapa jauh peningkatan Seni Grafis pada peserta didik kelas IX B di SMP Negeri 1 Panarukan Situbondo. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX B di SMP Negeri 1 Panarukan berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes praktek dan dokumentasi. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data hasil belajar diperoleh dari nilai sikap pengetahuan dan tes praktek atau keterampilan. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh berdasarkan deskripsi dari beberapa penilaian yaitu kesungungguhan belajar kemandirian berkarya kedisiplinan mengumpulkan karya menjelaskan pengertian cetak saring sederhana menyebutkan teknik juga alat dan bahan prosedur membuat karya pewarnaan dan kreatifitas. Hasil belajar pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan jika sudah meningkat selanjutnya siklus dihentikan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari 3 penilaian pertama aspek sikap yaitu kesungguhan kemandirian dan kedisiplinan selanjutnya pengetahuan yaitu menjelaskan teknik cetak saring sederhana menyebutkan alat dan bahan menyebutkan prosedur dan keterampilan yaitu membuat karya cetak saring sederhana pewarnaan dan kreatifitas. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rekapitulasi nilai akhir adalah 71 dengan kategori baik. Pada siklus II dengan nilai rekaptulasi nilai akhir adalah 80 dengan kategori baik dengan tahap yang sama. Peningkatan hasil belajar pada siklus I terdapat 23 anak tuntas dan pada siklus II 29 anak tuntas dalam hasil pembelajaran. Ketuntasan peserta didik berdasarkan KKM di sekolah tersebut. Berdasarkan data hasil tersebut pada penerapan teknik cetak saring sederhana telah terjadi peningkatan hasil belajar Seni Grafis. Dengan demikian penerapan teknik cetak saring sederhana dapat meningkatkan hasil belajar Seni Grafis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12997 |
Actions (login required)
View Item |