Pengembangan buku menggambar flora dan fauna sebagai penunjang bahan ajar mata pelajaran seni budaya untuk SMPN 1 Kejayan kelas VII / Supriyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku menggambar flora dan fauna sebagai penunjang bahan ajar mata pelajaran seni budaya untuk SMPN 1 Kejayan kelas VII / Supriyadi

Supriyadi (2017) Pengembangan buku menggambar flora dan fauna sebagai penunjang bahan ajar mata pelajaran seni budaya untuk SMPN 1 Kejayan kelas VII / Supriyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Supriyadi. 2017. Pengembangan Buku Menggambar Flora dan Fauna Sebagai Penunjang Bahan Ajar Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk SMPN 1 Kejayan Kelas VII. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Diediek Rahmanadji M.Pd (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Buku Menggambar Flora dan Fauna Bahan Ajar Media pembelajaran adalah bahan alat atauteknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat dan berdayaguna. Berdasarkan definisi tersebut media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Dalam mata pelajaran seni budaya khususnya pada materi menggambar flora dan fauna media pembelajaran memiliki peranan sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang dulunya hanya menggunakan modul LKS dan buku siswa menjadi buku penunjang. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Borg and Gall yaitu (1) Analisis kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal. (4) validasi ahli (5) revisi produk I (6) uji kelompok kecil (7) Revisi produk akhir (8) Implementasi. Produk akhir di uji kelayakkannya oleh dua orang ahli satu ahli media dan satu ahli materi dan 20 orang sebagai subjek uji coba kelompok kecil yakni para siswa kelas VIII SMPN 1 Kejayan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara uji validasi dan uji coba lapangan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa kuissioner dan angket yang kemudian dianalisis dan dikonversi dengan tabel criteria kelayakan. Hasil dari validasi para ahli menunjukkan bahwa buku penunjang untuk materi menggambar flora dan fauna pada mata pelajaran seni budaya ini layak digunakan dengan memperoleh presentase 73 % dengan merevisi desain cover yang harus sesuai dengan tema memberikan contoh gambar yang sesuai dengan materi mengganti jenis font dan merubah ukuran font yang terlalu besar. Dari validasi ahli materi diperoleh presentase 93.3 % dengan merevisi urutan materi secara jelas. Selain uji validasi uji lapangan yang dilakukan di SMPN 1 Kejayan juga memperoleh hasil positif yaitu dengan presentase 95 75 % terlihat siswa sangat antusias saat belajar yang artinya masuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak digunakan. ABSTRACT Supriyadi. 2017. Development of Flora and Fauna Drawing Books for Teaching Materials Subjects of Art Subjects For SMPN 1 Kejayan Class VII. Thesis Department of Art and Design Faculty of Letters State University of Malang. Thesis Department of Art and Design Faculty of Letters State University of Malang. Supervisor (1) Drs. DidiekRahmanadji (II) Ike Ratnawati S.Pd. M.Pd Keywords Book Drawings flora and fauna Teaching material Learning media are materials tools or techniques used in teaching and learning activities with a view to the process of educational communication interaction between teachers and students can take place in appropriate and useful. Based on these definitions instructional media have a great advantage in enabling students to learn the subject matter. Mate lesson in art and culture especially in the materials illustration learning media has a very important role. The purpose of this research is to develop media that were once only use modules worksheets and books students become book supporting. Model study is a research model Borg and Gall (1) Analysis of needs (2) planning (3) the initial product development. (4) The expert validation (5) product revision I (6) test a small group (7) Revision of the final product (8) Implementation. The end product is tested feasibility by two experts one media expert and one subject matter experts and 20 as the small group trial subjects that the students of class VIII SMPN 1 Kejayan. Data was collected by observation interview test validation and field trials. Instrument used to collect the data is in the form of kuissioner and questionnaires were then analyzed and converted with the eligibility criteria table. The results of the validation experts point out that book supporting for materi drawings flora and fauna to the material on the subjects of art and culture is feasible to use to obtain a percentage of 73%. Of validation material experts obtained a percentage of 93.3%. In addition to the validation test field tests conducted at SMPN 1 Kejayan also obtain positive results ie with a percentage of 95.75% which means that in the category of very valid and very fit for use.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12973

Actions (login required)

View Item View Item