Rahayu, Ima Rida Sari (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam merancang seni kriya tekstil melalui penggunaan video tutorial di kelas VIII-E SMPN 4 Tanggul Jember / Ima Rida Sari Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahayu ImaRida Sari. 2016. UpayaMeningkatkanHasilBelajarSiswadalamMerancangSeniKriyaTekstilmelaluiPenggunaanVideo Tutorial di kelas VIII-E SMPN 4 TanggulKabupatenJember. SkripsiJurusanSenidanDesain. FakultasSastra. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing I. Dra. TjitjikSriwardhani. MP.d Pembimbing II GunawanSusilo S.Sn M.Sn. Kata Kunci meningkatkan hasilbelajar SeniKriyaTekstil video tutorial SMP Berdasarkanhasilobservasiawal hasilbelajarsiswakelas VIII-E belummemenuhiketuntasanbelajardalammerancangsenikriyatekstilkurikulum KTSP. Demonstrasi yang dilakukan guru cukup lama danbelummaksimalhinggatahappewarnaan. Berbedadengansebuah video tutorial demonstrasi yang dilakukan video dapatdipercepatdisertaidenganlangkah-langkahmerancangsenikriyatekstil yang dapatdiputarberulang-ulang. Dengandemikiandilaksanakanpenelitiandengantujuanmendeskrepsikanupayameningkatkanhasilbelajarsiswadalammerancangsenikriyatekstilmelaluipenggunaan video tutorial di kelas VIII-E SMP Negeri 4 TanggulKabupatenJember. 12288 12288 12288 PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelasdenganrancangantindakanduasiklus dimanapadasiklus I beberapasiswatidakmengikutitahapanmerancang yang terdapatpada video denganbaik untukitupadasiklus II guru menjelaskansetiaptahapanpada video agar dipahamiolehsiswa. SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-E semester gasaltahunpelajaran 2016-2017 di SMPN 4 TanggulKabupatenJember denganjumlah40siswa. Pengumpulan data dilakukandenganteknikobservasi tes dandokumentasi. Dianalisismelaluiindikatorhasilbelajarmerancangsenikriyatekstilmeliputicorak ide teknik danpewarnaanditinjaudariperbandingannilaihasilbelajarsiklus I dansiklus II. 12288 12288 12288 Hasilanalisisperolehannilaihasilbelajarsenikriyatekstilmelaluipenggunaanvideo tutorial ditinjaudariindikatorhasilbelajarmerancangsesuaicoraksenirupaterapanmeningkatdari rata-rata siklus I sebesar 72.6 menjadi 79.2 padasiklus II rata-rata indikator ide merancangmeningkatdari rata-rata siklus I sebesar 82.75 menjadi 91.77 padasiklus II rata-rata indikatorteknikmerancangmeningkatdari rata-rata siklus I sebesar 80.05 menjadi 87.47 padasiklus II rata-rata indikatorpewarnaanrancanganmeningkatdari rata-rata siklus I sebesar 78.75 menjadi 84.87 padasiklus II. Ketuntasanbelajarsiklus I sebesar62.5% meningkatpadasiklus II sebesar95%. Dengandemikiandiperolehkesimpulanbahwahasilbelajarsiswadalammerancangsenikriyatekstilmelaluipenggunaan video tutorial di kelas VIII-E SMP Negeri 4 TanggulKabupatenJembermeningkat. 12288 12288 12288 Atasdasarhasilpenelitiantersebutdisarankanbagi guru untukmenggunakan media pembelajaran yang tepatdanmenariksesuaidengantujuanpembelajaran agar siswabisalebihkreatifdalammeningkatkanhasilbelajardalampembelajaransenikriyatekstil di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12934 |
Actions (login required)
View Item |