Cerita rakyat Roro Jonggrang sebagai inspiirasi penciptaan karya seni grafis / Mohammad Vikry Andriyan Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Cerita rakyat Roro Jonggrang sebagai inspiirasi penciptaan karya seni grafis / Mohammad Vikry Andriyan Hakim

Hakim, Mohammad Vikry Andriyan A (2016) Cerita rakyat Roro Jonggrang sebagai inspiirasi penciptaan karya seni grafis / Mohammad Vikry Andriyan Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakim Mohammad VikryAndriyan.2016.Cerita Rakyat RoroJonggrangSebagaiSumberInspirasiPenciptaanKaryaSeniGrafis. Skripsi JurusanSenidanDesain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn. (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci cerita rakyat roro jonggrang penciptaan seni grafis Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang manusia maupun dewa. Cerita rakyat merupakan cakupan foklor yang berkembang di masa lalu dan diwariskan secara lisan. Salah satu cerita rakyat yang terkenal adalah kisah tentang Roro Jonggrang yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses dalam penciptaan karya seni grafis cetak tinggi ini bermula dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide atau gagasan tema dan objek yang akan diciptakan yaitu objek Cerita Rakyat Roro Jonggrang. Proses dilanjutkan menentukan karakteristik karya sertamenentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa diatas kertas lalu memindahkannya di atas hardboard. Tahapan utama selanjutnya adalah mencukil dengan menggunakan pisau cukil Setelah proses pencukilan hardboard selesai dilanjutkan proses pewarnaan dengan tinta offset menggunakan rol karet untuk meratakannya. Setelah itu pencukilan kembali dilakukan untuk memunculkan warna berikutnya sampai gambar terlihat jelas sesuai yang diinginkan. Dalam karya ini ditampilkan 6 karya seni grafis cetak tinggi dengan media estetik berupa garis bentuk dan ruang serta tekstur sebagai visualisasi ekspresi dari konsep. Untuk karakteristik karya menggunakan penggalan-penggalan cerita rakyat Roro Jonggrang. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat menambah pengalaman baru dalam mempelajari seni grafis cetak tinggi yang berawal dari pembelajaran deskripsi perancangan konsep proses visualisasi karya dan deskripsi karya berdasarkan sudut pandang pribadi. Dengan mengangkat tema Cerita Rakyat Roro Jonggrang diharapakan dapat memberikan pesan moral khususnya bagi pendidikan seni rupa di sekolah bahwa kita dapat mengambil nilai moral yang terkandung dalam cerita tersebut misalnya dalam hidup ini kita harus selalu mempunyai sifat jujur dan jangan pernah membuat janji yang kiranya tidak dapat kita tepati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12927

Actions (login required)

View Item View Item