Pengembangan buku ajar manajemen energi bermuatan critical thinking skills dengan model pembelajaran problem based learning untuk mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Bagas Sadewa Ahmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar manajemen energi bermuatan critical thinking skills dengan model pembelajaran problem based learning untuk mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Bagas Sadewa Ahmadi

Ahmadi, Bagas Sadewa (2019) Pengembangan buku ajar manajemen energi bermuatan critical thinking skills dengan model pembelajaran problem based learning untuk mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Bagas Sadewa Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ahmadi Bagas Sadewa. 2019. Pengembangan Buku Ajar Manajemen Energi Bermuatan Critical Thinking Skills Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Arif Nur Afandi S.T. M. T. Ph.D. (II) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Buku ajar Manajemen Energi Critical Thinking Skills Problem Based Learning. Proses pembelajaran di universitas mempunyai beberapa tujuan seperti peningkatan kemampuan pedagogik mahasiswa. Kemampuan ini mempengaruhi beberapa hal seperti kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu perlu dikembangkan buku ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang selaras dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis terutama untuk mata kuliah Manajemen Energi. Manajemen Energi merupakan salah satu program matakuliah yang ada pada jurusan Teknik Elektro yang didalamnya mempelajari tentang pengaturan segala aspek pengolahan energi. Tujuan dari pembuatan penelitian ini yaitu untuk mempermudah mahasiswa dalam memperoleh materi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang mengembangkan dan menguji kelayakan buku ajar Manajemen Energi untuk S1 Teknik Elektro jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu (1) Analysis (analisis) (2) Design (desain) (3) Development (pengembangan) (4) Implementation (implementase) dan (5) Evaluation (evaluasi). Hasil dari pengembangan buku ajar yang terdiri dari teks gambar peta konsep rangkuman tes formatif daftar pustaka dan glosarium telah divalidasi oleh dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang menguasai dibidang manajemen energi dan diujicobakan kepada mahasiswa S1 Teknik Elektro angkatan 2015. Validasi buku ajar menggunakan teknik penyebaran angket. Hasil penyebaran angket yang telah dilakukan pada buku ajar dinyatakan valid sehingga layak digunakan sebagai sumber rujukan pembelajaran Manajemen Energi. Hal ini didukung melalui hasil persentase validasi oleh kedua validator sebesar 91% dan 76 28% hasil validasi uji coba kelompok kecil sebesar 85 83% dan hasil validasi uji coba kelompok besar yaitu 81 18%. Dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar bisa digunakan atau layak jika digunakan sebagai reverensi belajar atau sebagai bahan ajar Manajemen Energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/129081

Actions (login required)

View Item View Item