Pengembangan buku tutorial menggambar ragam hias untuk anak SMP dengan pendekatan intrepreneurial / Sarwendah Purwaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku tutorial menggambar ragam hias untuk anak SMP dengan pendekatan intrepreneurial / Sarwendah Purwaningrum

Purwaningrum, Sarwendah (2015) Pengembangan buku tutorial menggambar ragam hias untuk anak SMP dengan pendekatan intrepreneurial / Sarwendah Purwaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwaningrum Sarwendah. 2015. PengembanganBuku Tutorial MenggambarRagamHiasRagamHiasuntukAnak SMP denganPendekatanEntrepreneurial. Skripsi JurusanSenidanDesain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dr. MoeljadiPranata M.Pd. (II) Ike RatnawatiS.Pd. M.Pd. Kata Kunci Buku tutorial RagamHias Entrepreneurial. Padatahun 2015 inimerupakanawaldimulainyapelaksanaan MEA (MasyarakatEkonomi ASEAN).Berbagaihaltelahdiupayakanpemerintahdalammembinamasyarakatuntukmenghadapi MEA.Namun upayatersebutbelummenyeluruhhinggaanak-anakusia SMP. PadahalanakusiaSMP tingkatkeingintahuananaksangattinggisehinggaberimplikasipositifpadapraktikpembelajarandanpelatihan.Tujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukberupabuku tutorial menggambarragamhiaspadabahantekstildenganpendekatanentrepreneurial sehinggadiharapkandapatmemotivasianakSMPdalambelajarberwirausaha. Pengembanganinidilaksanakandenganmenerapkan model five-D yang dikembangkanolehPranata.Subjekujicobaprodukpengembangan yang berupabuku tutorial iniadalahdua orang ahli media dua orang ahlimateri di bidangseniragamhiasdanlimabelassiswa SMP yang di pilihsecaraacak. Instrumendalampenelitianpengembanganiniberupakuesioner. Hasilpenelitianpengembanganiniberupabuku tutorial yang memilikitampilanfull colourdenganberbagaigambar yang sesuaidenganumuranakSMP.Hasilujicobaprodukdalampenelitianpengembanganiniberupa data kuantitatifdeskriptif.Prosentasekevalidandariahli media sebesar 86.58% sedangkankevalidandariahlimaterimencapaiprosentase 87.68% danhasilujicobakelompokkecilmencapaiprosentase 87.57%. Prosentase yang mencapaiangka di atasmasukkedalamkualifikasisangat valid danlayakdigunakan.Revisiyang disarankanolehahli media danahlimateriuntukbuku tutorial iniadalahpadabagiandaftarisidanpemeriksaantulisan. Buku tutorial inidiharapkandapatdimanfaatkansecaramaksimalolehanakusiaSMP sebagaimotivasiberwirausahamelaluigambarragamhias. Selainitu diharapkan pula buku tutorial inidikembangkanlebihlanjutsecaralebihrincidanlebihinovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12837

Actions (login required)

View Item View Item