Sutisari, Siti Juniarti (2015) Evaluasi pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 1 Malang / Siti Juniarti Sutisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Juniarti Sutisari Siti. 2014. Evaluasi Guru Seni Budaya di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd (II) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci Pembelajaran Seni Budaya Evaluasi SMP Negeri 1 Malang SMP Negeri 1 Malang merupakan salah satu sekolah unggulan di Kota Malang. Di Sekolah favorit ini menerapkan Kurikulum 2013 yang melaksanakan pembelajaran Seni Budaya dengan 4 cabang seni yaitu seni rupa seni tari seni musik dan seni teater. Karena alasan berikut peneliti tertarik untuk melakukan studi tentang evaluasi seni budaya di SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan rancangan evaluasiSeni Budaya Khususnya Seni Rupa (2)Mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi (3) Mendeskripsikan pengolahan hasil evaluasi Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan tehnik wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari guru seni budaya dan siswa. RPP seni budaya kelas VII dan kelas VIII. Hasil penelitian terdiri atas 3 hal yaitu (1) perencanaan. (2) pelaksanaan (3) pengolahan. (1)Di kelas VII perencanaan penilaian sikap menunjukkan adanya Kompetensi Dasar indikator dan evaluasi namun tujuan yang sesuai belum tersampaikan. Di kelas VIII belum tersampaiakan evaluasi sikap yang saling berkaitan dengan Kompetensi Dasar Indikator dan tujuan pembelajaran. Di kelas VII dan kelas VIII perencanaan penilaian pengetahuan terdapat Kompetensi Dasar Indikator tujuan pembelajaran namun instrumen penilaiannya dikelas VII sudah dicantumkan sedangkan di kelas VIII belum dicantumkan. Perencanan penilaian keterampilan dikelas VII sudah dicantumkan adanya Kompetensi Dasar Indikator tujuan pembelajaran dan instrumen penilaiannya. Di kelas VIII Kompetensi Dasar dan instrumen penilaian beserta kriteria penilaiannya sudah dicantumkankan hanya saja indikator dan tujuan pembelajarannya belum tercantumkan. (2) pelaksanaan penilaian sikap di kelas VII dengan menggunakan observasi yang kapan saja dilakukan oleh guru sedangkan pada kelas VIII dengan menggunakan penilaian antar teman dan dilaksanakan diakhir pertemuan. Pelaksanaan penilaian pengetahuan di kelas VII lebih dititik beratkan pada pertanyaan yang bersifat nalar dan di kelas VIII menggunakan daftar soal yang sudah tercantum pada buku siswa. Penilaian keterampilan dilaksanakan dengan penilaian praktik baik kelas VII dan kelas VIII yang dilaksanakan mulai dari pertemuan awal. Hal ini karena penilaian dilakukan dalam bentuk penilaian proses. (3) pengolahan penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan di kelas VII dan kelas VIII adalah dengan menggabungkan seluruh instrument sikap pengetahuan dan keterampilan kemudian di masukkan dalam bentuk rumus yang sudah ditentukan. Di kelas VII dan VIII kriteria penilaian belum disampaikan secara rinci dan jelas. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan untuk melakukan pencantuman indikator ketercapaian atau kriteria penilaian agar evaluasi lebih transparan dan sistematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12829 |
Actions (login required)
View Item |