Pengembangan media animasi 3D sambungan kayu untuk mata kuliah workshop dan finishing kayu pada S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2019/2020 / Erfin Winarko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi 3D sambungan kayu untuk mata kuliah workshop dan finishing kayu pada S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2019/2020 / Erfin Winarko

Winarko, Erfin (2019) Pengembangan media animasi 3D sambungan kayu untuk mata kuliah workshop dan finishing kayu pada S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2019/2020 / Erfin Winarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Winarko Erfin. 2019. Pengembangan Media Animasi 3D Sambungan Kayu untuk Mata Kuliah Workshop dan Finishing Kayu pada S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Wasito Dip.Ed. M.Pd. (II) Dr. Tri Kuncoro S.T. M.Pd. Kata Kunci pengembangan sambungan kayu animasi 3D workshop dan finishing kayu Pendidikan merupakan salah satu wujud kebudayaan manusia yang dinamis dan dapat dengan mudah berkembang. Mata kuliah Workshop dan Finishing Kayu merupakan salah satu mata kuliah yang ada pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Mata kuliah tersebut wajib ditempuh oleh setiap peserta didik pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Mata kuliah Workshop dan Finishing Kayu bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam merencana benda kerja menguasai keterampilan dasar kerja kayu.Berdasarkan praktik pembelajaran workshop dan finishing kayu pada kurikulum 2013-2017 belum pernah menggunakan media pembelajaran animasi 3D. Ditemukan beberapa masalah di dalam proses belajar mengajar antara lain dengan tidak adanya suatu pembelajaran yang dapat diriview mengalami kesulitan pemahaman belajar kemudian dalam pembelajaran guru hanya menggunakan modul cetak pada mata kuliah workshop dan finishing kayu. Software untuk membuat video animasi berbasis 3 dimensi sangat banyak contohnya AutoCAD 3D Studio Max ArchiCAD Lumion3D Google SketchUp atau Sketchup. Namun Software yang memiliki fitur userfriendly dan dapat digunakan untuk membuat animasi 3D yaitu Google SketchUp dibuat secara simple dan mudah digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (four D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel and Semmel (1974) terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pengambilan data penelitian ini berupa kuisioner dan teknik anilisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Adapun langkah-langkah dalam pembuatan media interaktif animasi 3D meliputi (1) Penyiapan materi tools Sketch Up (2) Pembuatan animasi 3D (3)Editingvideo animasi 3D di Adobe Premiere (4) Rendering video animasi 3Ddi Adobe Premiere. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan cara pengumpulan menggunakan lembar validasi dan lembar penilaian. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat baik sangat menarik sangat sesuai dan sangat layak dengan indikator hasil validasi ahli media memperoleh skor 3 80 atau 97 33% hasil validasi ahli materi memperoleh skor 2 70 atau 70 45% dan hasil uji coba peroranganmemperoleh skor 3 40 atau 81 08%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128034

Actions (login required)

View Item View Item