Evaluasi kinerja jalur khusus sepeda di kawasan alun-alun Kota Malang / Sri Anugrah Tri Setyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kinerja jalur khusus sepeda di kawasan alun-alun Kota Malang / Sri Anugrah Tri Setyo

Setyo, Sri Anugrah Tri (2020) Evaluasi kinerja jalur khusus sepeda di kawasan alun-alun Kota Malang / Sri Anugrah Tri Setyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyo Sri Anugrah Tri. 2019. Evaluasi Kinerja Jalur Khusus Sepeda Di Kawasan Alun-Alun Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pranoto S.T. M.T (II) Dr.Ir. Henri Siswanto M.T Kata Kunci evaluasi kinerja jalur khusus sepeda Alun-alun Kota Malang Pada tahun 2015 Alun-alun Kota Malang direnovasi secara keseluruhan. Salah satu fasilitas yang ditambahkan yaitu jalur khusus sepeda. Dengan adanya fasilitas pendukung berupa jalur khusus sepeda pesepeda dapat bersepeda dengan aman menggunakan fasilitas yang telah disediakan tanpa mengganggu ataupun terganggu oleh kendaraan bermotor lainnya. Permasalahan yang terjadi yaitu bercampurnya kendaraan bermotor dan tidak bermotor dalam satu jalur menyebabkan pengendara sepeda merasa tidak aman. Selain itu jalur khusus sepeda juga digunakan untuk berdagang dan parkir. Banyaknya pelanggaran yang terjadi di jalur khusus sepeda membuat jalur khusus sepeda tidak beroperasi dengan baik. Sehingga kinerja jalur khusus sepeda tidak maksimal dikarenakan terdapat penyalahgunaan fungsi jalur khusus sepeda. Maka perlu dievaluasi kinerja jalur khusus sepeda di kawasan Alun-alun Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik lalu lintas disekitar jalur khusus sepeda di kawasan Alun-alun Kota Malang saat ini (2) mengevaluasi kinerja jalur khusus sepeda di kawasan Alun-alun Kota Malang saat ini (3) menentukan strategi yang tepat untuk diterapkan di jalur khusus sepeda di kawasan Alun-alun Kota Malang agar kinerja jalur khusus sepeda meningkat. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan karakteristik lalu lintas kemudian evaluasi kinerja jalur khusus sepeda menggunakan metode Bicycle Level Of Service dan menyusun strategi yang tepat menggunakan metode AHP agar kinerja jalur khusus sepeda di kawasan Alun-alun Kota Malang meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa volume lalu lintas kendaraan bermotor terbesar mencapai 4968 9 smp/jam di Jalan Merdeka Timur dengan persentase jumlah kendaraan sepeda motor 61 91% kendaraan ringan 37 69% dan kendaraan berat 0 39% kecepatan rata-rata keseluruhan kendaraan bermotor tertinggi mencapai 37 08 km/jam di Jalan Merdeka Selatan dan kepadatan lalu lintas mencapai 526 92 smp/km di Jalan Merdeka Timur. Kinerja Jalur Khusus Sepeda terendah berada pada Jalan Merdeka Timur dengan nilai Bicycle Level Of Service F dimana lingkungan tidak aman untuk pesepeda. Dengan metode AHP yang digunakan untuk menyusun strategi peningkatan kinerja jalur khusus sepeda didapatkan alternatif strategi yang terbaik yaitu dibuat Jalur Sepeda Kelas 1 dengan bobot 59%. Pada Jalur Sepeda Kelas 1 jalur sepeda dan pedestrian terpisah dari jalur lalu lintas kendaraan bermotor tetapi jalur sepeda bisa berdampingan dengan pedestrian atau terpisah dengan pedestrian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128004

Actions (login required)

View Item View Item