Prihandika, Cahya (2014) Pengembangan media pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa terapan Nusantara berbasis power point untuk siswa kelas VIII SMP Karya Pegelaran / Cahya Prihandika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prihandika C. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Karya Seni Rupa Terapan Nusantara Berbasis Power Point untuk Siswa Kelas VIII SMP Karya Pagelaran. Skripsi Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd. (II) Drs. Eko Budi Winarno Kata Kunci media pembelajaran mengidentifikasi karya seni rupa terapan nusantara. Media pembelajaran merupakan alat bantu ajar yang digunakan oleh guru maupun siswa. Keberadaan sebuah media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sangatlah penting. Media berfungsi untuk memberi kesempatan pada siswa agar siswa di kelas tidak terus-terusan berpusat pada guru. Kebiasaan berpusat pada guru pada akhirnya membuat siswa tidak mampu berpikir kreatif dan sulit untuk mengembangkan pengetahuan mereka. Selain itu tidak banyak guru yang menggunakan media pembelajaran ketika menyampaikan materi pembelajaran. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan media yang menarik dan inovatif. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan (1) media pembelajaran yang memenuhi syarat pengembangan isi media pembelajaran (2) media pembelajaran yang memenuhi syarat pengorganisasian isi media pembelajaran (3) media pembelajaran yang memenuhi syarat penggunaan bahasa dalam media pembelajaran dan (4) media pembelajaran yang memenuhi syarat tampilan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran adalah adaptasi dari model pengembangan Borg Gall (dalam Sukmadinata 2012 169 170). Berdasarkan model tersebut terdapat empat tahap pengembangan yaitu (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap revisi atau penyempurnaan. Produk hasil pengembangan diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yaitu melalui uji ahli uji praktisi dan uji kelompok kecil (siswa SMP kelas VIII). Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil pengembangan sebagai berikut. Pertama masalah pengaruh media tersebut terhadap siswa. Media yang dikembangkan menarik perhatian siswa sehingga dapat merangsang pola pikir siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa terapan. Kedua masalah pengaruh media tersebut terhadap guru. Media yang dikembangkan dapat membantu guru baik untuk menggunakan atau untuk mengembangkan media pembelajaran apa yang tepat untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12769 |
Actions (login required)
View Item |