Penggunaan media dalam proses pembelajaran seni budaya materi ekspresi kriya batik kelas VIII di SMPN 8 Malang / Nuzulul Hafiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media dalam proses pembelajaran seni budaya materi ekspresi kriya batik kelas VIII di SMPN 8 Malang / Nuzulul Hafiroh

Hafiroh, Nuzulul (2013) Penggunaan media dalam proses pembelajaran seni budaya materi ekspresi kriya batik kelas VIII di SMPN 8 Malang / Nuzulul Hafiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hafiroh Nuzulul 2013. Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Ekspresi Kriya Batik Kelas VIII di SMPN 8 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd (2) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci Media Seni Budaya Ekspresi Kriya Batik SMPN 8 Malang. 12288 12288 12288 12288 Dalam dunia pendidikan media pembelajaran memiliki peranan sangat penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Akan tetapi tidak semua media pembelajaran cocok digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan pertimbangan dalam memilih media supaya penggunaan media pembelajaran dapat termanfaatkan dengan baik. Media yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pengajaran bahan pelajaran metode mengajar ketersediaan alat yang dibutuhkan pribadi pengajar minat dan kemampuan pembelajar serta situasi pembelajaran. Oleh karena hal tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang media yang digunakan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya materi ekspresi kriya batik kelas VIII di SMPN 8. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media yang digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran Seni Budaya materi kriya batik kelas VIII di SMPN 8 Malang dan cara guru dalam menggunakan media dalam pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya materi kriya batik kelas VIII di SMPN 8 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data adalah guru seni budaya. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara angket observasi dan dokumentasi serta analisa data dijabarkan dalam penjelasan secara deskriptif. Analisis data meliputi tahap reduksi data penyajian data dan vertifikasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa guru memilih menggunakan jenis media yaitu media yang berjenis komputer menggunakan metode demonstrasi ceramah tanya jawab yang meliputi power point dan LCD proyektor. Jenis audio visual gerak menggunakan metode demonstrasi yaitu video proses membatik. Jenis objek fisik menggunakan metode penjelasan dan demonstrasi yang meliputi alat bahan batik dan contoh batik. Jenis media cetak menggunakan metode penjelasan ceramah tanya jawab yang berupa buku paket LKS papan tulis dan contoh gambar motif batik. Jenis media manusia dan lingkungan menggunakan metode ceramah yaitu guru seni budaya. Untuk sumber media khusus power point guru membuat dan merencanakan sendiri sedangkan untuk video dan contoh motif guru mengambil dari internet atau dari tugas siswa sebelumnya. Kendala yang dialami oleh guru adalah siswa tidak konsentrasi (ramai sendiri) siswa tidak berminat (tidak tertarik) dan keterbatasan waktu. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru di SMPN 8 Malang lebih meningkatkan media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran khususnya pelajaran seni budaya. Pihak sekolah hendaknya menambah fasilitas yang dapat menunjang proses pembelajaran seni budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item