Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis powerpoint tentang cara pembuatan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VII / Sumono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis powerpoint tentang cara pembuatan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VII / Sumono

Sumono (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis powerpoint tentang cara pembuatan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VII / Sumono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumono. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran tentang Cara Pembuatan Topeng Malangan untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Drs. AAG. Rai Arimbawa M.Sn. Kata Kunci pengembangan multimedia pembelajaran pembuatan topeng Malangan. 12288 12288 12288 12288 Dalam pembelajaran seni budaya khususnya materi seni terapan daerah setempat disekolah media pembelajaran memiliki peranan yang sangat mendasar. Melalui media pembelajaran guru dapat menunjukkan apresiasi serta ekspresi secara lebih baik. Dalam hal ini cara pembuatan topeng malangan adalah salah satu materi yang sulit untuk diajarkan di dalam lingkup sekolah. Maka dari itu perlu adanya pengembangan multimedia pembelajaran berbasis powerpoint tentang cara pembuatan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VIII agar penyampaian materi apresiasi dan ekspresi bisa dimengerti siswa dengan jelas. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan Pengembangan 5D dari Moeljadi Pranata 2009. Adapun langkah-langkah dari peneliti untuk pengembangan multimedia pembelajaran tentang cara pembuatan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VII adalah sebagai berikut (1) Define (a) identifikasi masalah (b) analisis kebutuhan (c) analisis tugas. (2) Data. (a) data lapangan (b) data referensi (c) analisis-sintesis data. (3) Design (a) perancanagan produk (b) pengembangan instrumen validasi dan ujicoba. (4) Develop (a) Validasi (dua orang ahli media dua orang ahli materi.) (b) Revisi (c) Ujicoba(ujicoba kelompok kecil yang terdiri dari 29 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang). (5) Desseminate (a) penulisan laporan (b) penulisan artikel. 12288 12288 12288 12288 Hasil evaluasi dan nilai rata-rata dari ahli media adalah 90% yang berarti hasil pengembangan baik sehingga dapat digunakan. Dari hasil evaluasi dan nilai rata-rata ahli materi adalah 80% yang berarti hasil pengembangan baik sehingga dapat digunakan. Kemudian hasil nilai rata-rata dari uji coba kelompok besar adalah 79% yang berarti baik sehingga produk pengembangan dapat digunakan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan ujicoba secara Konsisten pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat dijadikan sebagai multimedia pembelajaran pembuatan topeng malangan untuk pembelajaran seni budaya diSekolah maupun untuk umum dan di produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item View Item