Rizki, Muhammad Bakhtrur (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Konstruktivisme Sosial Sebagai Penunjang Kemandirian Belajar Komputer dan Jaringan Dasar pada Siswa SMK Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan dapat siap terjun langsung di dunia kerja, untuk mewujudkannya kesiapan ilmu yang memadai harus tertanam di setiap lulusan SMK. Berdasarkan observasi dan wawancaradi SMK Negeri 4 Malang menunjukkan hasil bahwasannya,(1) Kurangnya adaptasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran kurikulum 2013;(2) Kurangnya kesadaran siswa pentingnya mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar;(3) Kurangnya kemandirian belajar siswa;(4) Pemanfaatan media teknologi kurang tepat dari apa yang dibutuhkan siswa; dan (5) Hasil ujian tengah semester,rata-rata siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal.Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengetahui pengaruh media pembelajaran aplikasi M-KJD terhadap kemandirian belajar siswa. Model penelitian dan pengembangan mengadopsi model pengembanggan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yang meliputi: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; dan (5) Evaluation. Uji kelayakan dilakukan oleh siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika yang sudah atau masih menempuh mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dan telah mempelajari KD 3.11 sampai KD 3.13. Hasil validasi materi oleh 2 ahli diperoleh persentasesebesar 87,50%, hasil validasi media oleh ahli diperoleh persentase sebesar 100,00%, dan hasil uji coba kepada 2 kelompok besar mendapatkan nilai persentase tingkat kelayakan media sebesar 86,45%, dan tingkat pengaruh media terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 81,85%. Berdasarkan data hasil validasi dan uji coba, media pembelajaran aplikasi M-KJD dapat dibuat kesimpulan. Sebagai berikut: (1) perancangan dan pengembangan produk dapat terselesaikan dengan baik berdasarkan analisis kebutuhan; (2) kelayakan secara keseluruhan melalui tahapan evaluasi diperoleh respon kriteria sangat layak; (3) pengaruh produk terhadap kemandirian pengguna diperoleh respon dari pengguna dengan kriteria cukup baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Android, Kemandirian Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 04:39 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 04:39 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1271 |
Actions (login required)
View Item |