Pengembangan media pembelajaran digital painting adobe photoshop CS5 untuk siswa tingkat SMA dalam mata pelajaran pendidikan seni budaya / Kandung Widanarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran digital painting adobe photoshop CS5 untuk siswa tingkat SMA dalam mata pelajaran pendidikan seni budaya / Kandung Widanarto

Widanarto, Kandung (2012) Pengembangan media pembelajaran digital painting adobe photoshop CS5 untuk siswa tingkat SMA dalam mata pelajaran pendidikan seni budaya / Kandung Widanarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran digital painting Adobe Photoshop CS5. Pengembangan modul pembelajaran ini ditujukan untuk kalangan siswa SMA kelas tiga khususnya kelas IPS. Modul yang diciptakan diperuntukan guru dan juga para siswa. Pembelajaran digital painting merupakan pembelajaran seni rupa yang dirasa masih jarang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas oleh karena itu upaya memasukkan materi pembelajaran digital painting ke dalam matapelajaran pendidikan seni budaya bermaksud untuk meningkatkan minat siswa yang selama ini cenderung kurang. Dengan menyuguhkan kegiatan pembelajaran digital painting sebagai alternatif pembelajaran. Kajian pustaka yang digunakan dalam pengembangan ini mencakup Digital painting Photoshop kegunaan Photoshop Media pembelajaran Pendidikan Seni dan Modul. Yang kesemuanya penting untuk dikaji dalam penelitian ini. Pembahasan pada bab 3 tentang model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini digunakan model pengembangan oleh (Rothman 1980) dalam buku putra (2012 123) dengan 6 tahap material stage dan 5 langkah operasional. . Validasi media meliputi 1 ahli media dan 1 ahli materi. Uji coba produk meliputi uji coba individu dengan mengambil sampel sejumplah 5 anak dan uji kelompok kecil menggunakan sampel dari satu kelas sejumplah 26 anak. Hasil pengembangan Media Belajar Digital Painting Adobe Photoshop CS5 untuk Siswa Tingkat SMA dalam Mata Pelajaran Pendidikan Seni Budaya memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media cukup layak ahli materi layak dan uji coba perorangan layak uji coba kelompok kecil layak. Pembelajaran digital painting ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu (1) efisien dalam penggunaan bahan (2) tidak banyak menguras tenaga (3) sesuai dengan perkembangan jaman. Sedangkan kelemahan dari media ini adalah (1) relatif mahal untuk peralatan yang digunakannya (2) termasuk kedalam pembelajaran siswa pasif karena jarang terjadi interaksi dan lebih fokus pada pekerjaan masingmasing (3) fasilitas penunjang banyak yang tidak sesuai. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Media Belajar Digital Painting Adobe Photoshop CS5 untuk Siswa Tingkat SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pengembang menyarankan agar pembelajaran digital painting Adobe Photoshop CS5 ini ditunjang dengan fasilitas yang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item View Item