Tarupala, Yoga Dwi (2012) Pengembangan media pembelajaran gambar ilustrasi berbasis multimedia untuk mata pelajaran seni budaya di SMP / Yoga Dwi Tarupala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan media pembelajaran multimedia gambar ilustrasi. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Langkanya media pembelajaran berbasis multimedia yang lengkap serta sesuai dengan tuntutan zaman sekarang mendorong penulis untuk mengembangkan media pembelajaran pada skripsi ini. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Ilustrasi Berbasis Multimedia ini bertujuan untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya khususnya di Sekolah Menengah Pertama yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi serta menjadi media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Thiagarajan dkk 1974). Validasi media meliputi 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji coba produk meliputi uji coba individu kelompok kecil dan lapangan. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor persentase sebesar 82 %. Sedangkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor persentase sebesar 88 %. Untuk hasil validasi audien (siswa) diperoleh skor persentase sebesar 86 7 %. Kelebihan media ini (1) Media lebih praktis dan tak merepotkan jika dibawa kemana mana (2) Media lebih ekonomis (3) media tidak membutuhkan biaya besar untuk pengadaan (4) Karakteristik siswa saat ini sangat identik dengan teknologi dan digital sehingga media berbasis multimedia menjadi sumber belajar yang tepat di era sekarang. Sedangkan kelemahan dari media ini adalah (1) membutuhkan komputer dan LCD untuk pengoperasian (2) tidak bisa diterapkan di sekolah yang tidak memiliki fasilitas yang lengkap di bidang teknologi. Spesifikasi produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah CD pembelajaran tipe produk media digital memaparkan materi tentang pengetahuan gambar ilustrasi terkini tampilan slide interaktif dan animasi teknik pembuatan komputerisasi perangkat lunak yang digunakan Adobe Flash CS3. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar ilustrasi yang dikembangkan ini valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pendidikan Seni Budaya di SMP. Disarankan untuk peneliti berikutnya agar mengkaji lebih dalam pada saat pemilihan materi desain pesan desain tampilan dan keefektifan media agar dapat menghasilkan media yang layak untuk disajikan sebagai media ajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12660 |
Actions (login required)
View Item |