Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas Peminatan Mata Pelajaran Geografi SMA Brawijaya Smart School Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas Peminatan Mata Pelajaran Geografi SMA Brawijaya Smart School Malang

Ma'rifatul, Khasanah Ana (2019) Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas Peminatan Mata Pelajaran Geografi SMA Brawijaya Smart School Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Partisipasi masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata dianggap sangat penting. Hal ini dikarenakan dengan melibatkan masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata akan mampu untuk mempertahankan sumber daya pariwisata serta manfaatnya. Dengan adanya pengembangan pariwisata memberikan banyak manfaat terhadap masyarakat lokal seperti menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatanndan meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Masyarakat lokal dapat bekerja di sektor pariwisata maupun menjalankan usaha pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat lokal dalam usaha pariwisata di Desa Karangsuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif eksploratif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui pembagian kuisioner sebagai instrumen penelitian. Responden dalam penelitian ini yaitu masyarakat lokal yang menjalankan usaha pariwisata di Desa Karangsuko. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS. Langkah-langkah dalam menganalisis data yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan observasi dan wawancara awal diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di kelas peminatan mata pelajaran geografi SMA Brawijaya Smart School Malang menunjukan model pembelajaran matapelajaran geografi masih cenderung mengunakan model pembelajarancara lama dengan mengunaka nmetode ceramah. Denga nmengunakan model pembelajaran konvensional kebanyakan siswa cenderung pasif dan mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan guru sehingga hanya 7 siswa yang dapat berpikir analitis secara baik dari 16 siswa dengan skor kemampuan berpikir analitis antara 66 sampai 79. Salah satu model pembelajaran yang bisadigunakan guru dalam meningkatkan berpikir analitis siswa sesuai dengan kurikulum 2013 adalah discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan mengunakan 2 siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan penelitian, pengamatan danr efleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas peminatan mata pelajaran geografi X IPA 1 SMA BSS Malang dengan jumlah 16 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir analitis. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan lembar tes berpikir analitis. Analisis data berupa pengukuran kemampuan berpikir analitis siswa secara klasikal yang dipersentasekan dan pengukuran peningkatan kemampuan berpikir analitis setiap siklus. Hasilpenelitian yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa dibuktikan dengan skor peningkatan kemampuan berpikir analitis dari siklus I ke siklus ke II. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning dapat meningkatkankemampuan berpikir analitis siswa kelas peminatan geografi X IPA 1 SMA BSS Malang. Saran pada penelitian ini adalah memberikan pendampingan yang lebih kepada siswa terutama kepada siswa yang belum pernah mendapatkan model pembelajaran ini. Bagi peneliti selanjutnya, perlu melakukan management waktu sebagai bahan perhitungkan dalam melaksanakan model pembelajaran dan memperhatikan kondisi siswa dan lingkungan sekolah supaya lebih mudah dalam melaksanakan model pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning,Kemampuan Berpikir Analitis.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:34
Last Modified: 01 Mar 2022 03:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item