Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 3 Kediri dengan motivasi sebagai variabel intervening / Erwin Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 3 Kediri dengan motivasi sebagai variabel intervening / Erwin Fatmawati

Fatmawati, Erwin (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 3 Kediri dengan motivasi sebagai variabel intervening / Erwin Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati Erwin. 2020. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK PGRI 2 Kediri dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Pembimbing Dr. Suparti M. P. Kata Kunci Hasil Belajar Akuntansi Fasilitas Belajar Motivasi Belajar. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dari proses belajar mengajar. Faktor- faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa. Siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi dan tersedianya fasilitas yang baik di sekolah akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar dengan motivasi belajar siswa sebagai variabel intervening. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi SMK PGRI 2 Kediri yang berjumlah 125 siswa sedangkan sampel yang diambil berjumlah 95 siswa. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial persepsi siswa tentang fasilitas belajar (X) memiliki pengaruh positif (searah) terhadap motivasi belajar siswa (Z) sebesar 0.508 dan sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar (X) dan motivasi belajar siswa (Z) terhadap hasil belajar Akuntansi siswa (Y) adalah sebesar 0 375 dan 0 456. Persepsi siswa tentang fasilitas belajar (X) berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar Akuntansi siswa (Y) yaitu dimediasi oleh motivasi belajar sebesar 0 231. Disarankan bagi siswa agar memiliki motivasi belajar yang tinggi dan memanfaatkan fasilitas yang ada disekolah untuk kegiatan yang positif. Bagi guru agar bisa meningkatkan motivasi belajar siswa dan memanfaatkan fasilitas yang ada disekolah dengan maksimal. Bagi sekolah untuk meningkatkan dan memperbarui fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencari banyak sumber maupun referensi terkait dengan fasilitas belajar motivasi belajar dan hasil belajar agar penelitian lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126293

Actions (login required)

View Item View Item