Peningkatan kreativitas berkarya seni kriya keramik teknik pinching dengan media audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Bondowoso / Dita Ageng Dewanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kreativitas berkarya seni kriya keramik teknik pinching dengan media audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Bondowoso / Dita Ageng Dewanti

Dewanti, Dita Ageng (2011) Peningkatan kreativitas berkarya seni kriya keramik teknik pinching dengan media audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Bondowoso / Dita Ageng Dewanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kreativitas Teknik Pinching Media Audio-Visual Pendidikan seni merupakan wahana bermuatan edukatif dan membangun kreativitas siswa. Kreativitas siswa dapat dibangun atau dipancing melalui pengalaman langsung rangsangan benda seni dan audio-visual serta pengalaman pribadi. Berdasarkan Pengamatan yang dilakukan peneliti di SMPN 6 Bondowoso kreativitas siswa dalam berkarya seni keramik belum berkembang hanya sebagian kecil siswa yang bisa membuat keramik dengan teknik pinching. Teknik pinching merupakan teknik membentuk tanah liat menjadi benda keramik bagi pemula selain itu penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran seni budaya belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dipilih media audio visual sebagai penunjang dalam proses pembelajaran seni kriya keramik teknik pinching. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media audio-visual (VCD) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni kriya keramik teknik pinching. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berupa media audio visual (VCD) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni kriya keramik teknik pinching dengan ketuntasan belajar sebesar 94 11% dimana sebelum dilakukan PTK kentuntasan siswa hanya sebesar 40%. Saran yang dapat diberikan bagi guru hendaknya menerapkan penggunaan media audio visual(VCD) sebagi alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kreativitas siswa. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperbaiki atau melanjutkan penelitian ini disarankan agar mempunyai persiapan yang baik dan hendaknya melakukan lebih dari dua siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12604

Actions (login required)

View Item View Item