Pemanfaatan Bisnis Center sebagai upaya meningkatkan kompetensi pemasaran siswa (studi pada Bisnis Center SMK negeri 2 Blitar) / Ahmad Zamakhsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan Bisnis Center sebagai upaya meningkatkan kompetensi pemasaran siswa (studi pada Bisnis Center SMK negeri 2 Blitar) / Ahmad Zamakhsari

Zamakhsari, Ahmad (2019) Pemanfaatan Bisnis Center sebagai upaya meningkatkan kompetensi pemasaran siswa (studi pada Bisnis Center SMK negeri 2 Blitar) / Ahmad Zamakhsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zamakhsari Ahmad. 2019. Pemanfaatan Bisnis Center Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Pemasaran Siswa (Studi pada Bisnis Center SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M Kata Kunci Pemanfaatan Bisnis Center Kompetensi Pemasaran Siswa. SMK Negeri 2 Blitar merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Blitar yang memiliki laboratorium pemasaran (bisnis center). Bisnis center tersebut adalah salah satu gambaran pendidikan ritel. Program ini diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK yang siap kerja di lingkungan perusahaan khususnya dalam industri ritel berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Keberadaan bisnis center pun menjadi sarana penunjang dalam meningkatkan kompetensi siswa terlebih dalam dunia bisnis maupun pemasaran. Mulai dari sebagai tempat praktik kerja industri (prakerin) praktik harian siswa bahkan sebagai media yang digunakan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran yang berkaitan. Fokus penelitian ini adalah (1) Gambaran umum tentang bisnis center SMK Negeri 2 Blitar (2) Pemanfaatan bisnis center SMK Negeri 2 Blitar (3) Peran bisnis center dalam meningkatkan kompetensi pemasaran siswa SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang mencakup beberapa informan dan data sekunder mencakup dokmentasi dan dokumen-dokumen pelengkap dari masalah yang diteliti. Uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik Triangulasi data. Kegiatan analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Bisnis center SMK Negeri 2 Blitar sudah ada sejak tahun 2015. Sebagaimana tujuan SMK Negeri 2 Blitar mendirikan bisnis center yaitu sebagai pusat bisnis sekolah maka diharapkan bisnis center menjadi wadah belajar bisnis oleh siswa. (2) Penggunaan bisnis center SMK Negeri 2 Blitar sudah berjalan sebagai mestinya yaitu sebagai pusat bisnis sekolah dan sebagai wahana belajar bisnis siswa. Siswa bisa melakukan praktik di bisnis center. kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa saat praktik adalah membersihkan ruangan menata produk melayani konsumen serta mengoperasikan alat-alat transaksi. (3) Bisnis center sebagai sarana atau media dalam meningkatkan kompetensi pemasaran siswa sudah dirasa baik. Hal tersebut terbukti dari respon positif siswa dalam melakukan praktik. Berdasarkan hasil penelitian di atas saran dari peneliti yaitu (1) eksistensi keberadaan bisnis center lebih ditingkatkan mengenalkan bisnis center melalui website sekolah misalnya. (2) Siswa dimotivasi lagi untuk mendukung bisnis center sehingga bisa tertarik untuk praktik disana. (3) Bisnis center adalah salah satu tempat belajar tentang bisnis diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin seperti halnya melakukan praktik disana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125848

Actions (login required)

View Item View Item