Peningkatan kemampuan menggambar bentuk silindris melalui pendekatan cooperative learning model examples kelas VII B SMP Negeri 18 Malang / Sodikin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menggambar bentuk silindris melalui pendekatan cooperative learning model examples kelas VII B SMP Negeri 18 Malang / Sodikin

Sodikin (2010) Peningkatan kemampuan menggambar bentuk silindris melalui pendekatan cooperative learning model examples kelas VII B SMP Negeri 18 Malang / Sodikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sodikin. 2009. Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk Silindris melalui Pendekatan Cooperative Learning Model Examples Non Examples Kelas VII B di SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd. (II) Drs. Eko Budi Winarno. Kata kunci Menggambar Bentuk Silindris Cooperative Learning Examples Non Examples SMP. Penelitian ini dilaksanakan dengan pertimbangan bahwa kemampuan siswa SMP Negeri 18 Malang dalam kegiatan menggambar bentuk silindris masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan tersebut terlihat dari hasil gambar siswa pada pembelajaran sebelumnya belum maksimal yang disebabkan oleh siswa yang sebagian besar belum memahami materi dan langkah-langkah menggambar bentuk silindris dengan baik. Oleh karena itu berdasarkan hasil refleksi dan diskusi dengan guru sejenis terhadap kondisi tersebut pemberian pengetahuan dengan pemberian materi gambar bentuk silindris melalui pendekatan cooperative learning model examples non examples diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada siswa kelas VII B SMP Negeri 18 Malang. Pendekatan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan ialah lembar analisis aktivitas siswa lembar penilaian unjuk kerja lembar penilaian produk karya dan lembar wawancara siswa. Pengumpulan datanya meliputi teknik Pengamatan/observasi teknik Wawancara dan teknik Dokumentasi. Dengan subyek penelitian siswa kelas VII B SMP Negeri 18 Malang. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa melalui pendekatan cooperative learning model pembelajaran examples non examples dalam proses pembelajaran dapat (1) meningkatkan pemahaman tentang gambar bentuk silindris pada siswa kelas VII B SMP Negeri 18 Malang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II yang mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I (2) meningkatkan aktifitas menggambar bentuk silindris pada siswa kelas VII B SMP Negeri 18 Malang. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada pada siklus II yang mengalami peningkatan dari siklus I (3) meningkatkan kemampuan menggambar bentuk silindris pada siswa kelas VII B SMP Negeri 18 Malang. Hal ini dapat dilihat dari gambar siswa pada siklus II yang mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I. Peningkatan kemampuan siswa menggambar bentuk silindris sebesar 7 88 poin atau 11 96 % dan kenaikan jumlah siswa belajar tuntas sebesar 11 siswa atau 42 31 %. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa melalui pendekatan cooperative learning model pembelajaran examples non examples dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menggambar bentuk silindris. Sebagai implikasinya sebaiknya perlu dilakukan upaya peningkatan prestasi belajar seni rupa pada siswa melalui pendekatan cooperative learning model pembelajaran examples non examples. Dengan demikian melaui pendekatan cooperative learning model pembelajaran examples non examples akan mendorong terciptanya kondisi pembelajaran PAIKEM (Praktis Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12555

Actions (login required)

View Item View Item