Mizan, Saiful (2010) Studi tentang struktur pembelajaran seni budaya di SMPN 1 Malang / Saiful Mizan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mizan Saiful. 2008. Studi Tentang Struktur Pembelajaran Seni Budaya di SMPN I Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Ida Siti Herawati M.Pd (II) Dra. Tjitjik Sri Wardani M.Pd. Kata Kunci struktur pembelajaran seni budaya. Dalam mata pelajaran Seni Budaya sesuai kurikulum 2007 di SMP terdapat dua tipe bahan ajar yaitu apresiasi seni dan ekspresi seni sehingga perlu dikembangkan struktur pembelajaran yang dapat mengembangkan daya apresiasi dan ekspresi anak didik sebagai upaya peningkatan kompetensi siswa dibidang Seni Budaya. Salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum KTSP adalah SMPN I. Pembelajaran Seni Budaya di SMPN I Malang tergolong maju terbukti memiliki berbagai fasilitas kesenian yaitu ruang musik dan ruang tari memiliki banyak prestasi disegala bidang tidak terkecuali bidang seni khususnya seni rupa serta berstatus PSBI (Perintis Sekolah Bertaraf Internasional). Penelitian ini bertujuan mengetahui struktur pembelajaran Seni Budaya Seni Rupa dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan dikelas VII di SMPN I Malang. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif peneliti berperan langsung sebagai perencana pelaksana pengumpul data analisis data dan sekaligus pelapor data. Lokasi penelitian adalah SMPN I Malang yang berada di Jln. Lawu No. 12 Malang. Sumberdata menggunakan data primer yang diperoleh dari guru mata pelajaran Seni Rupa dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi tentang perangkat media sumber serta sarana prasarana pembelajaran. Sedangkan proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Wawancara juga dilakukan kepada 10 siswa secara acak untuk melengkapi dan mengecek keabsahan data. Tahapan-tahapan analisis data terdiri dari reduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui metode triangulasi dan pengecekan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Seni Budaya Seni Rupa kelas VII di SMPN I Malang untuk tipe bahan ajar apresiasi seni rupa menggunakan Model akademik dengan pendekatan ekspositori dan inquiry. Proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas media pembelajaran yang digunakan berupa VCD gambar-gambar buku sebagai penunjang dan lukisan yang dipamerkan di Perpustakaan Umum kota Malang sebagai sumber belajar. Evaluasi yang berlangsung yaitu siswa mengidentifikasi seni rupa terapan modern yang mereka saksikan di video dengan arahan dan bimbingan guru dalam mengidentifikasikan serta evaluasi berbentuk formatif. Sedangkan untuk tipe bahan ajar ekspresi seni juga menggunakan model pembelajaran akademik dengan pendekatan ekspositori dan inquiry serta metode ceramah diskusi pemberian tugas dan demonstrasi. Media yang digunakan adalah VCD gambar-gambar lukisan dan sumber belajar berupa gambar-gambar. Evaluasi dilaksanakan pada saat proses pembelajaran berlangsung yaitu berupa tanya jawab. Selain itu evaluasi yang diberikan adalah evaluasi formatif. Saran bagi guru kesenian dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang bervariatif dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan tipe bahan ajar. Disarankan pula untuk meneliti lebih lanjut pada pembelajaran Seni Budaya pada semua aspek pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12515 |
Actions (login required)
View Item |