Analisis pesan moral pada topik sosial dalam komik Indonesia Banget karya Muhamad Misrad / M. Syaiful Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pesan moral pada topik sosial dalam komik Indonesia Banget karya Muhamad Misrad / M. Syaiful Anwar

Anwar, M. Syaiful (2019) Analisis pesan moral pada topik sosial dalam komik Indonesia Banget karya Muhamad Misrad / M. Syaiful Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anwar M. Syaiful. 2018. Analisis Pesan Moral Pada Topik Sosial Dalam Komik Indonesia Banget Karya Muhamad Misrad. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Lilik Indrawati M.Pd. Kata Kunci Komik Pesan Moral Sosial Fokus penelitian ini didasarkan pada pesan moral yang terkandung dalam topik sosial karya Muhammad Mice Misrad. Saat ini Mice sudah menerbitkan belasan buku salah satu karyanya yaitu Komik Indonesia Banget. Indonesia Banget adalah salah satu komik karya Mice yang dibuat tahun 2015 yang paling laris dan digemari oleh pembaca. Komik ini membahas tentang potret realita dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia jaman sekarang yang tersaji tiap halaman dalam bentuk komik strip maupun ilustrasi yang bertujuan untuk mengkritisi perilaku masyarakat Indonesia yang sering dikatakan menyimpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis isi untuk meninjau pesan moral yang terkandung pada topik sosial pada Komik Indonesia Banget Karya Muhamad Misrad. Analisis data pada penelitian ini menempuh prosedur (1) Deskripsi visual komik Indonesia Banget yang sudah diambil 10 episode yang bertopik sosial (2) Analisa Formal visualisasi episode (3) menginterpretasi pesan moral pada tiap episode kemudian data-data tersebut divalidasi dengan menggunakan teknik trianggulasi. Topik sosial dalam komik Indonesia Banget merupakan topik yang paling menarik dan menonjol karena topik sosial dalam komik ini sangat menggambarkan karakteristik atau ciri khas dari orang-orang Indonesia yang faktanya memang sering dilakukan. Melihat kenyataan tersebut peneliti merasa perlu untuk menganalisis pesan moral apa sajakah yang terkandung pada topik sosial dalam komik Indonesia Banget karya Muhamad Misrad. Hasil penelitian memaparkan pesan moral yang terkandung pada tiap episode yang bertopik sosial dalam komik Indonesia Banget karya Muhamad Misrad dan disimpulkan menjadi Masyarakat indonesia memiliki berbagai macam perilaku baik positif atau negatif dalam melakukan kegiatan sehari hari. Bagi remaja perlu adanya kontrol oleh orang tua maupun guru di sekolah untuk membentuk karakter pada anak yang menginjak usia ini. Pengendalian moral dan tingkah laku seperti pengembangan bakat dan minat terhadap anak menjadi tolak ukur dalam menentukan kehidupan anak di masa yang akan datang. Minimnya kesadaran akan segala sesuatu membuat manusia buta. Latar belakang dan kelas sosial hanyalah beban yang harus dibawa secara bijaksana. Ketika hal itu dibawa secara bijaksana maka semakin merunduk dia dihadapan orang lain. Karena hal itu adalah sebuah titipan yang harus dijaga dengan rendah hati. Ketika salah membawanya maka akan menjadi buta segalanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123388

Actions (login required)

View Item View Item