Kesalahan penggunaan wechselpraposition oleh siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang / Inrillian Handriar Fitralino - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan penggunaan wechselpraposition oleh siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang / Inrillian Handriar Fitralino

Fitralino, Inrillian Handriar (2019) Kesalahan penggunaan wechselpraposition oleh siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang / Inrillian Handriar Fitralino. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitralino Inrillian Handriar. 2019. Kesalahan Penggunaan Wechselpr position oleh Siswa Kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata kunci Wechselpr position Kesalahan Gramatika Analisis kesalahan Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang dalam menggunakan Wechselpr position dalam kalimat dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang yang menempuh mata pelajaran Bahasa Jerman dengan jumlah 10 siswa. Data dalam penelitian ini berupa hasil analisis kesalahan Wechselpr position dan hasil wawancara dengan siswa sebagai data pendukung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen utama yang didukung instrumen pendukung yaitu (1) perangkat tugas dan (2) pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan Wechselpr position yaitu (1) kesalahan penggunaan kasus Akkusativ dan Dativ yang terbalik (2) kesalahan penggunaan Wechselpr position yang tidak tepat dan (3) penggunaan bestimmter/unbestimmter Artikel yang tidak sesuai dengan Wechselpr position. Dari ketiga kesalahan tersebut siswa paling banyak melakukan kesalahan penggunaan bestimmter/unbestimmter Artikel sebanyak (49%) kesalahan. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan menggunakan Wechselpr position adalah (1) kurang pemahaman terhadap konsep dasar materi Wechselpr position (2) lupa dalam mengenal materi Akkusativ dan Dativ (3) tidak paham arti dari kalimat bahasa Jerman yang ditemui pada soal tugas (4) kurang mengenali posisi benda pada gambar dalam soal dengan baik (5) tidak hafal beberapa Wechselpr position (6) tidak paham perbedaan konsep dasar makna preposisi dalam penggunaan Wechselpr position.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122856

Actions (login required)

View Item View Item