Manajemen lingkungan sekolah adiwiyata tingkat nasional (studi kasus di SMA Negeri 5 Kediri) / Gita Ratna Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen lingkungan sekolah adiwiyata tingkat nasional (studi kasus di SMA Negeri 5 Kediri) / Gita Ratna Puspitasari

Puspitasari, Gita Ratna (2019) Manajemen lingkungan sekolah adiwiyata tingkat nasional (studi kasus di SMA Negeri 5 Kediri) / Gita Ratna Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspitasari Gita Ratna. 2019. Manajemen Lingkungan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional (Studi Kasus di SMA Negeri 5 Kediri). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Kata kunci manajemen pendidikan lingkungan adiwiyata Pendidikan lingkungan hidup merupakan salah satu dari program Adiwiyata yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Sekolah Adiwiyata menerapkan pendidikan lingkungan hidup sebagai muatan lokal dan diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman merupakan harapan setiap sekolah. Peserta didik dan warga sekolah lainnya diharapkan mampu mengelola lingkungan sekolah dengan baik mulai dari proses perencanaan sampai dengan evaluasi. Lingkungan sekolah yang bersih akan memberikan kenyamanan peserta didik untuk belajar dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar baik di dalam maupun di luar kelas. Manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh peserta didik saja melainkan semua warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan menuju sekolah Adiwiyata di SMAN 5 Kediri penerapan kebijakan sekolah peduli dan berwawasan lingkungan mulai tahun 2011-2016 pengembangan kurikulum berbasis lingkungan mulai tahun 2011-2016 dan pengembangan kegiatan pendidikan berbasis partisipatif mulai tahun 2011-2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan berdasarkan informasi dari informan sebelumnya peneliti dapat menetapkan sampel lainnya yang dipertimbangkan akan memberikan data yang lebih lengkap dan ini merupakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses manajemen menuju sekolah Adiwiyata di SMAN 5 Kediri antara lain perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan (2) penerapan kebijakan sekolah peduli dan berwawasan lingkungan mulai tahun 2011-2016 sudah terlaksana dengan merubah visi dan misi sekolah (3) proses pengembangan kurikulum berbasis lingkungan mulai tahun 2011-2016 sudah terlaksana dengan adanya pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya dan (4) proses pengembangan kegiatan pendidikan berbasis partisipatif mulai tahun 2011-2016 sudah terlaksana dengan mengikuti kegiatan aksi lingkungan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah maupun pihak luar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122339

Actions (login required)

View Item View Item