Muatan life skills dalam kurikulum 2013 dan manajemen pembelajarannya di SD Muhammadiyah 9 Malang / Desy Dwi Akhadiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Muatan life skills dalam kurikulum 2013 dan manajemen pembelajarannya di SD Muhammadiyah 9 Malang / Desy Dwi Akhadiyah

Akhadiyah, Desy Dwi (2019) Muatan life skills dalam kurikulum 2013 dan manajemen pembelajarannya di SD Muhammadiyah 9 Malang / Desy Dwi Akhadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Desy Dwi Akhadiyah. 2019. Muatan Life skills dalam Kurikulum 2013 dan Manajemen Pembelajarannya di SD Muhammadiyah 9 Malang. Skripsi Jurusan Adminitrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Nurul Ulfatin M.Pd. (II) Desi Eri Kusumaningrum M.Pd Kata Kunci life skills kurikulum manajemen pembelajaran Setiap sekolah menerapkan kurikulum dalam proses pembelajaran. Kurikulum merupakan suatu program pendidikan yang di dalamnya terdapat rancangan proses pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Kurikulum perlu direncanakan sedemikian rupa agar mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional yaitu agar peserta didik dapat hidup secara mandiri. Salah satu kunci agar peserta didik dapat hidup secara mandiri yaitu dengan life skills (kecakapan hidup). Life skills adalah suatu kecakapan yang dimiliki manusia yang dibutuhkan sebagai dasar untuk hidup mandiri dalam berkehidupan di tengah masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur kurikulum 2013 jenis-jenis life skills apa yang termuat dalam kurikulum 2013 pengaturan macam-macam life skills tersebut dalam kegiatan pembelajaran dan sumber-sumber belajar apa yang digunakan untuk optimalisasi pembelajaran kurikulum yang bermuatan life skills di SD Muhammadiyah 9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk fenomenologi karena berusaha mengungkapkan fenomena yang ada yaitu mengenai kurikulum dengan muatan life skills. Dilihat dari aspek pelaporannya penelitian ini merupakan studi kasus deskripktif dengan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian struktur kurikulum di SD Muhammadiyah yang terdiri atas terdiri atas kompetensi inti kompetensi dasar mata pelajaran dan beban belajar sudah sesuai dengan peraturan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan . Jenis-jenis life skills yang termuat dalam Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 9 Malang lebih mengacu pada aspek penerapan general life skills yaitu kecakapan personal dan kecakapan sosial. Penerapan macam-macam life skills tersebut terintegrasi dengan mata pelajaran yaitu melalui kegiatan pembelajaran di sekolah dengan menerapkan metode pembelajaran yang mendukung pengembangan life skills peserta didik. Sumber-sumber belajar yang digunakan untuk optimalisasi pembelajaran dengan muatan life skills yaitu dikategorikan menjadi 6 yaitu pesan manusia bahan atau perangkat lunak peralatan atau perangkat keras teknik atau metode dan lingkungan. Disarankan dalam penelitian ini agar kepala sekolah dan guru mampu menerapkan metode pembelajaran dengan muatan life skills dengan lebih optimal karena kepala sekolah dan guru merupakan kunci sukses dalam suatu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122336

Actions (login required)

View Item View Item