Gumilar, Novi Tri (2020) Strategi bersaing SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo di tengah maraknya sekolah berkualitas / Novi Tri Gumilar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Gumilar Novi Tri. 2020. Strategi Bersaing SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo di Tengah Maraknya Sekolah Berkualitas. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci strategi strategi bersaing sekolah berkualitas pesaing Upaya sekolah mempertahankan kualitas yang dimiliki sekolah membutuhkan adanya strategi bersaing. Kepala sekolah berperan krusial dalam penentuan strategi bersaing yang ingin diterapkan di sekolah. Strategi bersaing yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo agar dapat bersaing dengan sekolah lain yaitu melakukan promosi meingkatkan keunggulan yang telah dimiliki sekolah dan mempertahankan citra sekolah. Fokus penelitian ini yaitu (1) strategi bersaing SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo sebagai sekolah berkualitas (2) indikator sekolah berkualitas yang dimiliki SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (3) faktor yang memengaruhi daya saing SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti menjadi satu ndash satunya pengumpul data di mana teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara dokumentasi dan observasi. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik/metode. Peneliti juga melakukan analisis data melalui 3 tahap antara lain (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi data. Hasil yang diperoleh penelitian ini pada masing ndash masing fokus dijelaskan sebagai berikut. (1) Strategi bersaing yang dimiliki SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yaitu pertama dengan melakukan promosi melalui media cetak media online dan promosi secara langsung dari murid wali murid dan masyarakat atau yang sering disebut (mouth to mouth) menjalin komunikasi yang halus untuk membina relasi dengan calon peserta didik atau orang tua peserta didik menyelenggarakan kegiatan kehumasan dengan melibatkan masyarakat secara umum brand yang dimiliki SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menjadi ciri khas sekolah di kalangan mayarakat keunggulan yang ada pada sekolah menjadi daya tarik tersendiri calon peserta didik dan yang terakhir ada pada misi visi sekolah. (2) Indikator sekolah berkualitas yang dimiliki SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yaitu berasal dari input yang diterima diseleksi secara ketat dipilih berdasarkan standar yang telah ditetapkan sekolah dan pemerintah proses yang diberikan sekolah dalam proses belajar mengajar sangat diperhatikan agar tetap berkualitas output yang dihasilkan haruslah berkompeten dan berkualitas tinggi dan sekolah selalu berusaha lulusan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dapat melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka fasilitas yang ada dapat mendukung dan memudahkan peserta didik dalam kegiatan belajar sumber daya manusia yang bermutu selalu diutamakan oleh sekolah. (3) Faktor yang memengaruhi daya saing terbagi menjadi 2 faktor yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi kepuasaan masyarakat dengan kualitas yang diberikan oleh SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo upaya sekolah untuk dapat bersaing dengan memberikan sarana dan prasarana termasuk teknologi yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar dan mendapat dukungan dana untuk biaya operasional sekolah selanjutnya budaya sekolah yang menjadi pembeda SMA Muhmmadiyah 2 Sidoarjo dengan sekolah lain seperti budaya literasi. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi meliputi adanya warga sekolah yang belum berkomitmen dan serius dalam menjalankan stratei bersaing di sekolah masih ada orang tua peserta didik yang kurang memberi contoh baik anaknya selama di rumah dan sistem zonasi yang sedang diberlakukan mengakibatkan berkurangnya jumlah penerimaan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pihak terkait yaitu (1) Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo diharapkan dapat lebih mengembangkan manajemen strategis agar dapat tercipta strategi bersaing yang lebih efektif (2) Bagi guru diharapkan bisa lebih berkomitmen dan mendukung segala usaha sekolah dalam menjalankan strategi bersaing (3) Bagi Waka Humas disarankan melibatkan komite sekolah dalam menjalankan startegi bersaing sekolah agar lebih optimal (4) Bagi mahasiswa jurusan administrasi pendidikan diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan refrensi dalam kajian strategi bersaing lainnya yang lebih mendalam (5) Bagi peneliti lain disarankan dapat lebih mengembangkan pemikiran mengenai konsep startegi bersaing yang sudah ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/122303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |