Iswahyudin, Muhammad Nur (2020) Pengembangan quiz sebagai alat evaluasi berbasis elektronik dengan penguatan karakter kemandirian materi gaya, gerak dan energi pada kelas IV SDN Sananwetan 2 Kota Blitar / Muhammad Nur Iswahyudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemajuan teknologi digital serta internet sangat masif yang dapat menyentuh semua kalangan masyarakat. Bahkan siswa SMA/MA menjadi pelaku penetrasi pengguna internet tertinggi di Indonesia. Hal tersebut tidak diimbangi dengan penciptaan program literasi digital di berbagai sekolah terutama di Kota Malang. Bahkan adanya Pandemi Covid-19 juga mengharuskan siswa untuk melakukan segala kegiatan aktivitas belajar di rumah yang menyebabkan aktivitas berinternet siswa akan semakin tinggi. Oleh sebab itu siswa harus memiliki keterampilan literasi digital dengan baik agar dapat terhindar dari penyalahgunaan perangkat digital dan dapat mengembangkan kemampuan literasinya di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi literasi dgital siswa serta upayanya dalam mengembangkan literasi digital di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa deskripsi tentang kompetensi literaasi digital siswa berdasarkan framework digcomp 2.0 dan upaya siswa dalam mengembangkan literasi digital di masa pandemic. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara observasi dan telaah dokumen. Untuk mempertanggungjawabkan keabsahan data dilakukan validasi data melalui triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa kompetensi literasi digital siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang berdasarkan 5 aspek kompetensi sebagai berikut. Pada aspek kompetensi informasi dan literasi data siswa telah memenuhi komponen-komponen yang ada namun terdapat beberapa komponen yang belum terpenuhi seperti keragaman search engine dan penggunaan strategi penelusuran. Pada aspek kompetensi komunikasi dan kolaborasi semua siswa telah memenuhi semua komponen yang ada namun terdapat salah satu siswa yang belum menggunakan word online dalam berkolaborasi dengan orang lain. Pada aspek kreasi konten digital semua siswa telah memenuhi persayaratan keterampilan komponen namun terdapat salah satu komponen yang mana semua siswa belum memenuhinya yaitu melakukan programming. Pada aspek keamanan semua siswa telah memenuhi semua komponen namun terdapat satu komponen yang belum terpenuhi yaitu membiarkan orang lain melakukan cyber bullying terhadap orang lainnya tanpa mencegah ataupun melakukan upaya lain. Pada aspek penyelesaian masalah siswa telah memenuhi komponen-komponen yang ada namun terdapat beberapa komponen yang belum terpenuhi seperti tidak dapat mengidentifikasi masalah kerusakan perangkat digital serta siswa tidak ingin mengembangkan literasi digitalnya. Upaya siswa dalam mengembangkan literasi digital telah memenuhi beberapa aspek seperti kultural kognitif konstruktif komunikatif kepercayaan diri kritis dan bertanggungjawab. Terdapat satu aspek yang tidak dipenuhi oleh siswa dalam mengembangkan literasi digitalnya yaitu kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/121455 |
Actions (login required)
View Item |