Analisis buku ajar studio [21] A1 ditinjau dari kurikulum 2013 dan teori Volker Allendorf / Virta Audy Gandhini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku ajar studio [21] A1 ditinjau dari kurikulum 2013 dan teori Volker Allendorf / Virta Audy Gandhini

Gandhini, Virta Audy (2018) Analisis buku ajar studio [21] A1 ditinjau dari kurikulum 2013 dan teori Volker Allendorf / Virta Audy Gandhini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gandhini Virta Audy. 2018. Analisis Buku Ajar Studio [21]A1 Ditinjau dari Kurikulum 2013 dan Teori Volker Allendorf. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Primardiana H.W. M.Pd. Kata Kunci Buku Ajar Studio [21] Kurikulum 2013 Volker Allendorf Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesesuaian buku ajar Studio [21] A1 dengan Kurikulum 2013 dan teori Volker Allendorf . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku ajar Studio [21] A1 sedangkan data dalam penelitian ini adalah materi yang terdapat pada buku Studio [21] A1 yang memiliki kesesuaian berdasarkan Kurikulum 2013 dan teori Volker Allendorf dengan menggunakan instrumen tabel sebagai pelengkap. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa berdasarkan 10 kriteria Allendorf buku Studio [21] A1 sesuai dengan kriteria konsep dasar didaktik-metodik struktur pembagian bab teks tata bahasa kosa kata tugas/ latihan bentuk fisik/ layout serta lampiran. Adapun kriteria Allendorf yang tidak sesuai dengan buku Studio [21] A1adalah kriteria kelompok sasaran (Zielgruppen) dan materi pendamping/ buku pendamping. Pada kriteria Zielgruppen untuk aspek kesesuaian dengan kurikulum dari Allendorf diketahui bahwa penggunaan buku harus sesuai dengan kurikulum. Jika seorang guru di SMA menggunakan buku Studio [21] A1 untuk pembelajaran Bahasa Jerman di sekolah di Indonesia menurut Allendorf buku tersebut harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku dalam hal ini Kurikulum 2013. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa buku Studio [21] A1 tidak cocok dengan Kurikulum 2013 karena buku Studio [21] A1 memuat tema Identitas diri untuk kehidupan orang dewasa alih-alih kosa kata yang terkait dengan kehidupan di sekolah di dalam buku Studio[21] A1 disajikan kosa kata kehidupan di caf atau nama-nama benda di lingungan sekitar rumah. Di samping itu pada level pemula telah disajikan gramatik untuk kelas XII. Selain itu pada materi pendamping (begleitende Materialien) tidak terdapat adanya forum diskusi online di internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item View Item