Penerapan teknik mund-ohr-hand wettbewerb pada matakuliah telaah pranta masyarakat Jerman II di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Gea Sona Irmalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik mund-ohr-hand wettbewerb pada matakuliah telaah pranta masyarakat Jerman II di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Gea Sona Irmalia

Irmalia, Gea Sona (2016) Penerapan teknik mund-ohr-hand wettbewerb pada matakuliah telaah pranta masyarakat Jerman II di Jurusan sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Gea Sona Irmalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irmalia Gea Sona. 2016. Penerapan Teknik Mund-Ohr-Hand Wettbewerb pada Matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Iwa Sobara S.Pd. M.A. Kata Kunci teknik pembelajaran Mund-Ohr-Hand Wettbewerb matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II Dalam mempelajari bahasa Jerman mahasiswa tidak sekedar mempelajari rumus tata bahasa kata-kata atau unsur-unsur bahasa lainnya. Pengetahuan tentang kebudayaan negara tersebut juga menjadi aspek yang penting untuk dipelajari. Kebudayaan tentang Jerman dipelajari pada matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman I dan II. Dalam perkuliahan Telaah Pranata Masyarakat Jerman II dosen hanya menggunakan sebuah metode yang kurang dapat membangkitkan motivasi mahasiswa dalam belajar. Oleh karena itu peneliti menerapkan teknik Mund-Ohr-Hand Wettbewerb sebagai alternatif metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan teknik Mund-Ohr-Hand Wettbewerb. Teknik tersebut merupakan sebuah kompetisi untuk menyampaikan dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan tema. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2015 kelas A sejumlah 25 orang. Untuk mendapatkan data instrumen yang digunakan adalah lembar observasi angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik Mund-Ohr-Hand Wettbewerb dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Melalui teknik ini mahasiswa dapat menjadi lebih termotivasi dan aktif. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan informasi sesuai dengan tema namun juga dapat belajar memahami informasi serta mengingat informasi dengan cepat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar teknik Mund-Ohr-Hand Wettbewerb dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran khususnya pada matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item