Sulandari, Dinar Ruthia Dwi (2019) Persepsi guru tentang penerapan pembelajaran dalam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar se-gugus 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Dinar Ruthia Dwi Sulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sulandari. Dinar. 2019. Persepsi Guru tentang Penerapan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Se- gugus 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd. (II) Putri Mahanani S.Pd M.Pd. Kata Kunci persepsi guru penerapan pembelajaran kurikulum 2013 Persepsi guru tentang pembelajaran kurikulum 2013 sangat penting karena guru merupakan ujung tombak dari terlaksananya pembelajaran. Perbedaan persepsi muncul di setiap guru mengenai pembelajaran dalam kurikulum 2013 dapat membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru mengenai pembelajaran dalam kurikulum 2013 di SDN Se-gugus 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena bertujuan mendeskripsikan persepsi guru tentang penerapan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II III IV dan V di Sekolah Dasar Se-gugus 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala likert. Data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan persentase dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian dapat dipaparkan bahwa persepsi tentang penerapan perencanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang meliputi program tahunan program semester silabus perencanaan pelaksanaan pembelajaran sudah dipahami oleh 54 4% guru di Sekolah Dasar Se-gugus 1 Kecamatan Ngoro. Persepsi guru tentang penerapan pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup sudah dipahami oleh 51 2% guru di Sekolah Dasar Se-gugus 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Persepsi guru tentang penerapan penilaian pembelajaran dalam kurikulum 2013 untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa yang mencakup cara memberikan skor penilaian cara menilai pelaporan hasil nilai sudah dipahami oleh 42 7% guru di Sekolah Dasar Se-gugus 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi penerapan pembelajaran kurikulum 2013 yang dimiliki oleh guru sudah tepat. Sehingga untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang disarankan untuk dilaksanakan pelatihan kepada guru tentang penerapan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Sebagai upaya meningkatkan persepsi guru tentang penerapan pembelajaran dalam kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/118835 |
Actions (login required)
View Item |