Penerapan teknik imajinasi pada pembelaran menulis paragraf sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 7 Malang / Miftakhul Jannah Aghfira - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik imajinasi pada pembelaran menulis paragraf sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 7 Malang / Miftakhul Jannah Aghfira

Aghfira, Miftakhul Jannah (2012) Penerapan teknik imajinasi pada pembelaran menulis paragraf sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 7 Malang / Miftakhul Jannah Aghfira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci teknik imajinasi keterampilan menulis paragraf sederhana Pembelajaran bahasa Jerman terdiri dari empat keterampilan berbahasa yaitu membaca menyimak berbicara dan menulis. Keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Jerman dianggap keterampilan yang paling rumit. Di SMA Negeri 7 Malang siswa kelas XII IPS merasa kesulitan dalam menulis bahasa Jerman khususnya menulis sebuah paragraf sederhana bahasa Jerman. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah siswa kurang menguasai kosakata bahasa Jerman sedangkan faktor eksternal yaitu guru bidang studi bahasa Jerman di sekolah tersebut jarang menggunakan media metode dan teknik pengajaran dalam proses pembelajaran bahasa Jerman di dalam kelas. Peneliti menggunakan teknik imajinasi sebagai teknik pembelajaran pada keterampilan menulis paragraf sederhana bahasa Jerman. Teknik ini dipilih karena belum pernah diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMAN 7 Malang. Teknik imajinasi ini juga dinilai dapat menanggulangi masalah-masalah yang muncul dalam pembelajaran menulis paragraf sederhana bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pembelajaran menulis paragraf sederhana bahasa Jerman dengan menggunakan teknik imajinasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi tes menulis siswa dan kuesioner dengan peneliti sebagai instrumen utama. Data berupa paparan hasil observasi hasil nilai tes menulis siswa dan hasil kuesioner. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas XII IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik imajinasi merupakan teknik pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf sederhana bahasa Jerman. Siswa mampu menulis paragraf sederhana bahasa Jerman sesuai imajinasi mereka sendiri dengan baik. Penerapan teknik pembelajaran ini membuat siswa lebih berminat dalam menulis dan lebih aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut terbukti dari hasil tes menulis siswa yang memperoleh nilai rata-rata 80 17 dan nilai tersebut masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item