Validitas tes ujian akhir semester bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMA Negeri Lamongan tahun 2009 / Nur Indah Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Validitas tes ujian akhir semester bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMA Negeri Lamongan tahun 2009 / Nur Indah Anggraini

Anggraini, Nur Indah (2010) Validitas tes ujian akhir semester bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMA Negeri Lamongan tahun 2009 / Nur Indah Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Validitas Ujian Akhir Semester Bahasa Jerman. Bahasa Jerman merupakan bahasa asing yang diminati di Indonesia. Dewasa ini banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang mencantumkan bahasa Jerman sebagai mata pelajaran baik sebagai program pilihan maupun sebagai program bahasa. Pembelajaran bahasa Jerman di Indonesia bertujuan supaya para peserta didik memiliki kemampuan dasar untuk mendengarkan berbicara membaca dan menulis untuk komunikasi secara sederhana. SMA Negeri I Lamongan merupakan salah satu sekolah yang mencantumkan bahasa Jerman ke dalam kurikulum pembelajaran. Ujian Akhir Semester adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemajuan belajar peserta didik dan merupakan proses penilaian hasil belajar yang dilaksanakan pada akhir semester. Untuk memperoleh soal UAS yang valid digunakan pengukuran yang bertujuan untuk memperoleh soal yang sesuai dengan kriteria tes yang baik. Metode penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang validitas soal tes UAS bidang studi bahasa Jerman kelas XI bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada validitas isi terdapat soal yang valid dan soal yang tidak valid baik pada semester gasal maupun pada semester genap. Selain itu penelitian ini juga menunjukkan adanya tingkat penyimpangan materi pelajaran antara KTSP dan soal UAS. Penelitian ini juga menunjukkan adanya validitas empirik. Data validitas empirik pada semester gasal dan genap menunjukkan validitas sangat rendah untuk selebihnya data tersebar pada interpretasi cukup rendah dan sangat tinggi. Sementara itu validitas empirik dengan bandingan ulangan harian menunjukkan bahwa soal UAS tersebut tergolong rendah validitasnya. Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada guru pengajar bahasa Jerman supaya memperhatikan pedoman-pedoman pembuatan tes yang baik supaya soal dan data yang diperlukan valid adanya. Selain itu disarankan bagi para peneliti selanjutnya agar lebih baik dalam meneliti soal tes baik tes standar maupun tes terstandar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11784

Actions (login required)

View Item View Item