Meaning of life siswa SMA berprestasi di Panti Asuhan KH. Mas Mansyur (studi fenomenologi) / Anjar Margiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meaning of life siswa SMA berprestasi di Panti Asuhan KH. Mas Mansyur (studi fenomenologi) / Anjar Margiati

Margiati, Anjar (2019) Meaning of life siswa SMA berprestasi di Panti Asuhan KH. Mas Mansyur (studi fenomenologi) / Anjar Margiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meaning Of Life Siswa SMA Berprestasi di Panti Asuhan Kh. Mas Mansyur (Studi Fenomenologi) Anjar Margiati S1 Bimbingan dan Konseling RINGKASAN Margiati Anjar. 2019. Meaning Of Life Siswa SMA Berprestasi di Panti Asuhan KH. Mas Mansyur (Studi Fenomenologi). Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. II) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. Kata Kunci meaning of life prestasi akademik dan non-akademik panti asuhan. Panti asuhan merupakan lembaga yang bertanggung jawab memberikan pelayanan pengganti dari pelayanan yang orang tua harusnya berikan dalam pemenuhan kebutuhan fisik mental dan sosial pada anak asuhnya. Kondisi memprihatinkan tertentu yang menyebabkan anak tinggal di panti asuhan. Kondisi tersebut terkadang menjadikan anak kurang memiliki makna hidup. Ada beberapa anak yang memaknai hidupnya dengan baik dengan di tunjukkan memiliki prestasi. dengan adanya fenomena tersebut peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian studi fenomenologi meaning of life siswa SMA berprestasi di panti asuhan KH. Mas Mansyur Fokus penelitian untuk mengetahui meaning of life siswa berprestasi yang tinggal di panti asuhan dengan mengkaji 3 aspek nilai-nilai kreatif (creative values) nilai-nilai penghayatan (experiental values) dan nilai-nilai bersikap (attitudinal values yang melandasi makna hidup siswa serta nilai yang lebih menonjol dari 3 aspek tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi dengan tipe fenomenologi empiris. Riset fenomenologi empiris berfokus pada pengalaman (here-and-now experience) sebagai ajang riset berarti bahwa sorotan utama fenomenologi empiris adalah lebih pada pengalaman hidup individu tertentu daripada individu itu sendiri. Prosedur analisis data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian 3 aspek yang ada pada meaning of life yaitu nilai-nilai kreatif (creative values) nilai-nilai penghayatan (experiental values) dan nilai-nilai bersikap (attitudinal values) menunjukkan semua nilai pada diri siswa namun nilai yang lebih menonjol yaitu nilai penghayatan kemudian nilai bersikap dan yang terakhir nilai kreatif. Saran peneliti setelah mengetahui meaning of life siswa diharapkan konselor dapat memberikan layanan informasi dalam bidang pribadi mengenai meaning of life guna mengembangkan meaning of life pada diri siswa. Penelitian sejenis dapat dikembangkan oleh peneliti selanjutnya dengan mengembangkan penelitian yang telah di lakukan. Oleh karena itu disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti meaning of life siswa dengan desain studi kasus guna mengkaji lebih dalam mengenai meaning of life.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116784

Actions (login required)

View Item View Item