Pengembangan panduan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 15 Malang / Akhmad Mirza Abdi Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 15 Malang / Akhmad Mirza Abdi Rahman

Rahman, Akhmad Mirza Abdi (2019) Pengembangan panduan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 15 Malang / Akhmad Mirza Abdi Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdirahman Akhmad Mirza. 2019. Pengembangan Panduan Bimbingan Instruksi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMPN 15 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Dr. Henny Indreswari M.Pd. (2). Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci Bimbingan Instruksi Diri Kepercayaan Diri siswa SMP. Percaya diri adalah kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat digunakan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan pelatihan instruksi diri untuk meningkatkan percaya diri siswa di SMPN 15 Malang yang berterima secara teoritis dan praktis melalui uji ahli dan uji calon pengguna produk. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan (Research and Development atau R D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang yang memiliki tingkat kepercayaan diri sedang atau cukup terdiri atas sembilan siswa. Pengembangan paket meliputi (1) penyusunan paket bimbingan kepercayaan diri (2) Uji ahli (3) Revisi paket dan uji coba kelompok kecil yaitukonselor sebagai calon penggunaan produk. Prosedur pengembangan diawali dengan melakukan need assessment analisis data perumusan tujuan penyusunan prototype dan uji coba produk. Penilaian dilakukan oleh ahli bimbingan dan konseling. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif melalui pengembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk diuji ahli dan calon pengguna produk. Hasil dari rata-rata keseluruhan mengenai panduan pelatihan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri diperoleh nilai rata-rata oleh ahli materi bimbingan dan konseling adalah 3 6. Nilai rata-rata oleh ahli media pendidikan adalah 3 9. Nilai rata-rata oleh calon pengguna produk adalah 3 6. Hasil perhitungan secara keseluruhan dari ahli materi bimbingan dan konseling ahli media pendidikan dan calon pengguna produk adalah 3 6. Dengan demikian berdasarkan hasil penilaian keseluruhan dapat disimpulkan bahwa panduan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi siswa SMP sangat berterima. Konselor yang melaksanakan bimbingan dengan menggunakan panduan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa disarankan untuk mengaplikasikan prosedur yang ada di dalam buku panduan instruksi diri. Agar kegiatan pelatihan dapat berjalan sesuai dengan prosedur serta hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan bimbingan konselor hendaknya mempelajari dan memahami buku panduan pelatihan tersebut. Panduan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri ini hanya dilakukan uji aksepbilitas sehingga perlu dilanjutkan dengan eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan bimbingan. Pengembangan panduan ini hanya terbatas pada SMPN 15 Malang apabila panduan akan digunakan oleh sekolah lain maka diperlukan need assessment terlebih dahulu untuk penyesuaian topik yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116781

Actions (login required)

View Item View Item