Siaruddin, Moh. Yuris (2019) Makna hidup siswa berprestasi (studi kasus SMA Budi Utomo Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang) / Moh. Yuris Siaruddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Siaruddin Moh. Yuris. 2019. Makna Hidup Siswa Berprestasi (Studi Kasus SMA Budi Utomo Gadingmangu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang). Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M. Pd. (II) Irene Maya Simon S. Pd. M. Pd. Kata Kunci makna hidup prestasi siswa SMA Makna hidup dimiliki setiap orang dan setiap orang memiliki makna hidup yang berbeda-beda. Makna hidup adalah hal-hal yang sangat penting dan berharga serta memberikan nilai khusus bagi seseorang sehingga layak dijadikan tujuan dalam kehidupan. Bila berhasil dipenuhi seseorang merasakan kehidupan yang berarti dan pad akhirnya menimbulkan perasaan bahagia. Penelitian ini dilakukan di SMA Budi Utomo Gadingmangu dengan menggunakan siswa berprestasi. Fokus penelitian ini adalah makna hidup siswa berprestasi SMA Budi Utomo Gadingmangu melalui tiga sumber nilai yaitu nilai kreatif nilai penghayatan dan nilai bersikap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang mengetahui pemahaman akan sesuatu yang menarik perhatian proses sosial yang terjadi pengalaman orang yang menjadi latar sebuah kasus. Untuk menggali peristiwa dari subjek digunakan pengumpulan data melalui wawancara studi dokumentasi dan otobiografi dengan subjek utama teman subjek wali kelas konselor dan pembina ekstrakurikuler. Analisis penelitian ini menggunakan menggunakan Miles and Huberman yang langkahnya terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah makna hidup siswa beprestasi melalui tiga sumber nilai yaitu nilai kreatif nilai penghayatan dan nilai bersikap. Nilai kreatif ditunjukkan dengan melakukan segala upaya usaha kerja keras untuk mencapai hasil terbaik berupa prestasi dengan kesungguhan dan semangat. Nilai pengahayatan ditunjukkan dengan saling menyapa mempercayai membantu dan membutuhkan terhadap sesama dan beribadah secara khidmat kepada Allah SWT. Nilai bersikap ditunjukkan dengan menerima kekalahan dengan ikhlas dan tabah serta kegagalan yang dialami menjadi pengalaman yang bermanfaat. Kekalahan dan kegagalan yang didapat akan menuntun menuju standar pencapaian yang lebih tinggi dengan melakukan perencanaan yang matang dan menghindari sebisa mungkin kesalahan yang menjadi penyebab kekalahan. Implikasi makna hidup dalam bimbingan dan konseling adalah siswa mampu merencanakan dan menyelenggarakan kehidupan diri sendiri dalam bentuk keseharian maupun jangka pendek atau jangka panjang. Sehingga yang ada dalam diri siswa berupa bakat minat dan potensi bisa berkembang secara optimal. Saran untuk konselor yaitu membantu siswa mengarahkan dan mengembangkan aspek pribadi sosial belajar dan karir yang terkait dengan makna hidup agar siswa dapat merancang makna hidup untuk mempersiapkan arah hidupnya sejak awal dan dapat memenuhi tujuan hidup secara keseluruhan sehingga kedepannya makna hidup yang dimiliki lebih terarah dan terpenuhi. Untuk peneliti selanjutnya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai cara mengembangkan makna hidup dengan mempersiapkan panduan layanan bimbingan dengan bidang pribadi sosial belajar dan karir untuk siswa agar dapat mencapai prestasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/116774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |