Pengembangan panduan pelatihan tujuh kebiasaan yang efektif menurut Stephen R. Covey / Shoviyana Hariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan tujuh kebiasaan yang efektif menurut Stephen R. Covey / Shoviyana Hariyanti

Hariyanti, Shoviyana (2019) Pengembangan panduan pelatihan tujuh kebiasaan yang efektif menurut Stephen R. Covey / Shoviyana Hariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hariyanti Shoviyana. 2019. PengembanganPanduanPelatihanTujuhKebiasaan yang EfektifMenurut Stephen R. Covey. SkripsiJurusanBimbingandanKonseling FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata Kunci Panduanpelatihan tujuhkebiasaanefektif Covey Siswasekolahmenengahpertama (SMP) dengankisaranusia 12-15 tahuntermasukkategoriremaja. Masaremaja yang merupakanmasatransisiatauperalihandarimasakanak-kanakmenujudewasa. Padamasainianakakanbanyakmengalamiperubahan yang dapatmempengaruhikognisi kepribadianbahkankehidupansosialnya. Perubahansepertiitudapatmenimbulkanpermasalahan yang mengarahpadakebiasaanburuk yang dikenaldengankebiasaannegatif. Untukmengubahkebiasaannegatiftersebutdapatdilakukanmelaluipelatihan. Kebiasaanmerupakanaktivitas yang dikerjakanspontandancenderungberulang. Ada tujuhkebiasaan yang paling efektifmenurut Covey (1) jadilahproaktif (2) merujukpadatujuanakhir (3) dahulukan yang utama (4) mengatasikonflik (5) berusahamemahamiterlebihdahulu barudipahami (6) wujudkansinergi dan (7) asahlahgergaji. Salah satuusaha yang dapatdilakukanuntukmengubahkebiasaannegatiftersebutadalahdenganmembuatpanduantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Stephen R. Covey bagisiswa SMP. Metodepelatihan yang digunakanyaitu model pembelajaranterstrukturatauStructured Learning Approach (SLA). Tujuanpelatihandanpengembanganiniadalahmenghasilkanpanduanpelatihantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Covey bagisiswa SMP denganmenggunakan model pembelajaranStructured Learning Approach (SLA) yang memenuhiskalaakseptabilitas. Metode yang digunakanadalahmengadopsiprosedur Borg Gall (1983) yang disusunmenjadi 3 tahap yaitutahapperencanaan tahappenyusunanproduk dantahapujicobaproduk. Tahapperencanaanmengkajibahanpustakadenganmenganalisisberbagaifenomena yang ada di lapangandanmengkajiliteratur. Tahappenyusunanprodukmenghasilkanpanduanpelatihantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Covey danalatevaluasiprodukberupaskalaakseptabilitas yang diadopsidariHandarini (2000) yang telahdiujiverifikasiolehpembimbing. Tahapujicobaprodukkepadadua orang ahlibimbingandankonseling dansatukonselor SMP sebagaicalonpenggunaproduk. Data kuantitatifdianalisismenggunakaninter-rater agreement sedangkan data berupa saran secaratertulisdianalisissecaradeskriptif. Panduanpelatihaninitelahdiujikankepadaduaahlidansatucalonpenggunaprodukdenganhasilpenilaiansecarakeseluruhanpanduanpelatihaniniberguna layak tepat danpatutuntukdigunakankonselordansiswa SMP. Panduaninidapatdigunakanolehkonselorsebagaipanduandalammemberikanpelatihantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Covey kepadasiswa SMP. Panduanpelatihantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Covey inidapatdilanjutkanpenelitiankuantitatif (eksperimen) untukmengetahuikeefektifanpanduanpelatihanini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116766

Actions (login required)

View Item View Item