Ta'limu al-lughoti al-Arabiyyah fi ma'hadi at-tazkiyatu ad-diniyyah Sombosari Thailand / Hikmat Abdurrohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Ta'limu al-lughoti al-Arabiyyah fi ma'hadi at-tazkiyatu ad-diniyyah Sombosari Thailand / Hikmat Abdurrohman

Abdurrohman, Hikmat (2016) Ta'limu al-lughoti al-Arabiyyah fi ma'hadi at-tazkiyatu ad-diniyyah Sombosari Thailand / Hikmat Abdurrohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdurochman Hikmat. 2016. Pembelajaran Bahasa Arab di Ma had At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart Thailand. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Muhaiban (II) Ali Ma sum S.Pd. M.A. Kata Kunci Bahasa Arab Pembelajaran Bahasa Arab Ma had At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart Thailand. Pembelajaran bahasa Arab di Selatan Thailand bermacam-macam dan berbeda dengan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia baik dalam segi kurikulum perencanaan desain maupun dalam segi pelaksanaan pembelajarannya. Salah satu lembaga pendidikan yang terdapat pembelajaran bahasa Arab di Thailand Selatan adalah Ma had At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart Thailand. Ma had ini berbeda dengan ma had yang tersebar di Indonesia dilihat dari derajat pendidikan pembelajaran dankualifikasi guru PBA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)Perencenaan PBA (2) Pelakasanaan PBA (3) Evaluasi PBA (4) Kualifikasi guru (5) Faktor pendukung dan penghambat PBA di Ma had At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart Thailand. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Ma had At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart yang terletak di desa Patai 3611 3632 3649 3605 kabupaten Jaha 3618 3632 3627 3634 provinsi Yala 3618 3632 3621 3634 Thailand Selatan 3616 3634 3625 3634 3652 3607 3618 3651 3605 3657 . Data primer adalah data-data tentang perencanaan PBA pelaksanaan PBA evaluasi PBA kualifikasi guru PBA faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan PBA. Data sekunder adalah dokumen tentang profil Ma had jadwal mengajar materi pelajaran yang diambil dari buku catatan siswa tugas-tugas siswa dan soal-soal UTS dan UAS. Sumber datapenelitian diambil dari pedoman wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data ditempuh dengan mengumpulkan data pengorganisasian data dan penentuan hasil penelitian. Teknik validasi data dilakukan dengan observasi secara terus menerus diskusi dengan dosen pembimbing dan pemeriksaan data. Hasil penelitian ini adalah bahwa perencanaan PBA dan Pelaksanaan PBA di Ma had ini perlu adanya perbaikan. Evaluasi PBA di Ma had ini dilaksanakan dengan pelbagai macam program yaitu kegiatan-kegiatan evaluasi di dalam dan di luar kelas UTS dan UAS. Akan tetapi program-program ini masih perlu adanya perbaikan. Guru bahasa Arab terdiri atas tiga guru tetap dan dua guru pengganti. Faktor pendukung PBA di Ma had ini adalah (1) Semua guru bahasa Arab di Ma had ini mahir dan menguasai empat kemahiran berbahasa (Mendengar berbicara membaca dan menulis) dan gramatikal bahasa (2) Terdapat pembelajaran ilmu-ilmu agama selain bahasa Arab dengan menggunakan kitab-kitab kuning yang dapat membantu belajar siswa khususnya dalam meningkatkan kemahiran dalam membaca. Faktor penghambat PBA di Ma had ini adalah (1) Tidak adanya minat suka dan semangat yang kuat dalam diri mayoritas siswa dalam belajar bahasa Arab (2) PBA di laksanakan hanya di kelas saja (3) Kurikulum yang digunakan belum berbentuk dokumen file atau buku (4) Kebanyakan guru bahasa Arab di Ma had ini lulusan dari jurusan tarbiyah bukan dari jurusan pendidikan bahasa Arab. oleh karena itu mereka yang bukan lulusan dari jurusan pendidikan bahasa Arab kurang memahami unsur-unsur penting dalam mengajar (5) Guru bahasa Arab di Ma had ini tidak menggunakan buku teks dalam PBA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item