Salim, Agil (2010) Pembelajaran membaca Al-Quran khusus dewasa dengan buku tsaqifa di insan kamil center Malang / Agil salim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Membaca Al-Qur an Dewasa Tsaqifa. Belajar Al-Qur an memang dianjurkan dimulai sejak usia anak-anak. Namun belajar Al-Qur an bukan hanya kewajiban anak-anak akan tetapi ia adalah kewajiban seluruh umat Islam di semua jenjang usia. Fakta di masyarakat banyak sekali orang dewasa yang belum bisa membaca Al-Qur an dengan baik. Oleh karenanya diperlukan sebuah pembelajaran membaca Al-Qur an khusus dewasa. Diantara pembelajaran Al-Qur an khusus dewasa yang ada saat ini adalah pembelajaran Al-Qur an khusus dewasa yang dilaksanakan oleh Insan Kamil Center Malang dengan menggunakan buku teks Tsaqifa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca Al-Qur an khusus dewasa dengan buku Tsaqifa di Insan Kamil Center Malang. Subjek penelitian ini antara lain adalah pimpinan Insan Kamil Center Malang para pengajar dan para peserta yang berjumlah 26 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kaualitatif dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi pedoman wawancara kuesioner pengambilan sampel dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara kuesioner pemberian tes dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Proses pembelajaran membaca Al-Qur an dengan menggunakan buku Tsaqifa di Insan Kamil Center Malang (2) Hasil belajar peserta setelah mengikuti pembelajaran dan (3) Tanggapan peserta terhadap pembelajaran membaca Al-Qur an khusus dewasa buku Tsaqifa di Insan Kamil Center Malang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran membaca Al-Qur an khusus dewasa dengan buku Tsaqifa memiliki hasil yang baik hal itu diketahui melalui hasil belajar peserta setelah mengikuti pembelajaran dari 26 peserta diketahui bahwa 65 4% atau 17 peserta dinilai sudah lancar membaca sedangkan sisanya yaitu sekitar 15 4% atau 4 peserta cukup lancar membaca dan sekitar 19 2% atau 5 peserta dinilai kurang lancar membaca. Demikian pula tanggapan peserta terhadap proses pembelajaran juga sangat baik sebagaimana ditunjukkan oleh tanggapan peserta terhadap proses pembelajaran yakni sekitar 92% atau 24 peserta menyatakan sangat puas terhadap kegiatan awal pembelajaran 8% atau 2 peserta menyatakan cukup puas. Selanjutnya terhadap inti pembelajaran diperoleh data sebesar 88 5% atau sekitar 23 peserta menyatakan sangat puas dan 11 5% atau 3 peserta menyatakan cukup puas. Terhadap kegiatan akhir pembelajaran diperoleh data 77% atau 20 peserta menyatakan sangat puas dan 15 4% atau 4 peserta menyatakan cukup puas dan 8% atau 2 peserta tidak memberikan tanggapan. Tanggapan terhadap materi pembelajaran diperoleh data sebesar 88 5% atau 23 peserta menyatakan sangat puas terhadap media pembelajaran 11 5% atau 3 peserta menyatakan cukup puas. Terhadap media diperoleh data 69% atau 18 peserta menyatakan kurang puas dan 8% atau 2 peserta menyatakan cukup puas 19% sisanya menyuatakan sangat puas. Selanjutnya tehadap evaluasi pembelajaran diperoleh data sebesar 8% atau 2 peserta menyatakan cukup puas dan 92% atau 24 peserta menyatakan sangat puas. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maka disarankan agar kualitas buku teks Tsaqifa ditingkatkan dengan melakukan revisi terhadap penulisan huruf Arab yang dirasa terlalu kecil dan warna yang kurang mencolok. Oleh karena itu diharapkan penggunanaan buku teks Tsaqifa akan semakin efektif penggunaannya dengan memperbesar font/bentuk tulisan huruf arab pada buku teks dan memilihkan warna terang seperti biru menyala atau hijau muda untuk huruf-huruf yang disambung dan tidak disambung agar mudah dibedakan oleh peserta. Selain itu disarankan bagi peseta agar mau meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur an dengan cara banyak berlatih secara mandiri dan tidak hanya bergantung kepada jadwal belajar yang ditetapkan oleh Insan Kamil Center Malang. Sedangkan bagi peneliti lain disarankan agar melakukan penelitian lanjutan yang berkenaan dengan pembelajaran membaca Al-Qur an khusus dewasa dengan sasaran yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |