Masrifah, Zurotul (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar pada keterampilan membaca Bahasa Arab di MTsN 2 Malang / Zurotul Masrifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Think-Pair-Share prestasi belajar keterampilan membaca. Pembelajaran bahasa Arab selama ini masih menghadapi berbagai persoalan baik dari sisi media maupun model pembelajarannya. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar tidak beragam dan menarik. Hal ini mengakibatkan siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar karena dianggap membosankan. Dengan alasan ini diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi agar atmosfer pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam belajar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan (1) model pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif TPS (2) prestasi belajar siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif TPS pada keterampilan membaca bahasa Arab (3) prestasi belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional pada keterampilan membaca bahasa Arab (4) perbedaan prestasi belajar siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif TPS dengan siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional pada keterampilan membaca bahasa Arab. Model pembelajaran TPS merupakan suatu teknik sederhana dengan keuntungan besar karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. TPS sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif memiliki 3 tahapan yaitu thinking pairing dan sharing. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model TPS dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan cara memberikan pre test dan post test dalam pembelajaran bahasa Arab dengan keterampilan membaca pada pokok bahasan 1575 1618 1604 1605 1614 1583 1618 1585 1614 1587 1614 1577 1616 1601 1616 1610 1571 1614 1606 1618 1588 1616 1591 1614 1578 1616 1610 (kegiatanku di sekolah). Model pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif TPS di MTsN 2 Malang sudah diterapkan sesuai dengan aturan yang berlaku dengan beberapa tahapan pembelajaran yaitu (1) guru mengemukakan pertanyaan tentang materi yang baru disampaikan (2) siswa berfikir (thinking) tentang masalah/pertanyaan yang diberikan (3) siswa berpasangan (pairing) untuk mendiskusikan jawaban yang tepat (4) siswa berbagi (sharing) di depan kelas untuk mendiskusikan hasil diskusi kelompok. Prestasi belajar siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif TPS pada keterampilan membaca bahasa Arab meningkat dari rata-rata hasil pre test sebesar 84 4 dengan ketuntasan belajar sebanyak 21 siswa (77 8%) dan rata-rata hasil post test sebesar 94 8 dengan ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa (100%). Sedangkan prestasi belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional pada keterampilan membaca bahasa Arab menurun dari rata-rata hasil pre test sebesar 84 07 dengan ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa (81 5%) dan rata-rata dari hasil post test sebesar 83 7% dengan ketuntasan belajar sebanyak 21 siswa (77 8). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif TPS lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional karena adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif TPS dengan siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Ini dibuktikan dari hasil uji t kelompok eksperimen menunjukkan thitung (3 399) ttabel (2 006). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada kepala sekolah agar hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dalam memperbaiki model pembelajaran di MTsN 2 Malang karena pembelajaran dengan model TPS telah terbukti meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Kepada guru mata pelajaran bahasa Arab disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif TPS sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas. Sedangkan untuk peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan pembelajaran kooperatif TPS untuk dapat mengembangkan penelitian ini sehingga mendapat hasil penelitian yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |